Helo Indonesia

Memanah Cakra Tandai Pembukaan Porprov, Ganjar: Banyak Pekerjaan yang Harus Kita Bereskan untuk Perbaiki Olahraga

Ajie - Olahraga
Minggu, 6 Agustus 2023 01:17
    Bagikan  
Memanah Cakra Tandai Pembukaan Porprov, Ganjar: Banyak Pekerjaan yang Harus Kita Bereskan untuk Perbaiki Olahraga

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memanah cakra, dan mantan atlet sapta lomba Rumini saat menyalakan kaldron dalam pembukaan Porprov

PATI, HELOINDONESIA.COM - Meriah, dengan memadukan nuansa budaya Jawa dan mengusung semangat patriostime. Itulah gambaran yang tersaji dalam Opening Ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI 2023 yang berlangsung di Stadion Joyokusumo Pati, Sabtu malam 5 Agustus 2023.

Nuansa Jawa terlihat dari lanskap gunungan wayang dan suara dalang yang memberikan pitutur kehidupan, dan ratusan penari yang memperagakan potret masyarakat Pati Bumi Mina Tani yang dikenal sebagai pelaut. Lima replikasi kapal ditarik oleh puluhan penari melukiskan kejayaan dunia maritim Pati sebagai penghasil ikan.

Maskot Porprov Mas Jaga (maskot Jawa Tengah Berolahraga) yang menggambarkan ikan bandeng (ikon Pati) didampingi model mengenakan batik tulis Bakaran khas Pati memimpin acara defile yang diikuti 35 kontingen kabupaten/kota. Banjarnegara tampil di urutan terdepan dalam defile, sedangkan terakhir kontingen Pati.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membuka resmi multieven bergengsi se-Jateng itu. Dia datang menaiki mobil listrik karya mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Pembukaan ditandai pelepasan anak panah Cakra oleh gubernur, dilanjutkan penyalaan api kaldron oleh pembawa obor yaitu mantan atlet nasional sapta lomba asal Pati, Rumini. Sebelumnya obor dibawa secara estafet oleh juara dunia panjat tebing Aries Susanti Rahayu, mantan peraih emas SEA Games 2011 sepatu roda Erlangga Ardianzah, dan Indro Catur Haryono, pelatih pencak silat yang membawa Indonesia meraih enam emas di SEA Games Kamboja 2023.

rumini

Pada kesempatan itu, Ganjar menggugah seluruh insan olahraga yang hadir untuk bersama-sama memperbaiki pembinaan olahraga untuk hasil yang lebih baik. Prestasi olahraga harus dipersiapkan secara matang, bukan 'mak beduduk' (tiba-tiba).

''Banyak pekerjaan yang harus kita bereskan untuk memperbaiki olahraga kita di Jateng. Meskipun gelanggang, fasilitas, stadion sudah kita bangun, tapi pembinaan tak boleh berhenti sampai kita melahirkan perstasi puncak,'' katanya.
Gubernur Ganjar juga berterima kasih kepada KONI Jateng yang telah menggunakan sistem manajemen informasi olahraga sehingga data perkembangan olahraga terinput dengan baik.

Di tengah sambutannya, Ganjar menyampaikan pamitan. Gubernur berharap masyarakat olahraga ke depan akan mendapatkan gubernur dan wakil gubernur yang labih baik dari dirinya, dalam mengangkat prestasi olahraga Jawa Tengah.

''Pada kesempatan Pembukaan Porprov Jateng 2023 ini, saya minta maaf kepada bapak ibu dan saudara semua, karena ini adalah terakhir kali saya dan Pak Wagub Taj Yasin Maemoen bersama bapak ibu, saudara sekalian,'' katanya.

Wakil Ketua Umum III KONI Pusat Andre Soetamo berharap di PON Aceh Sumut 2024 mendatang mampu memperbaiki prestasi dibanding PON 2021 di Papua, yaitu menembus lima besar. Di PON Papua, Jateng menempati peringkat keenam.

Sedangkan Ketua Umum PB Porprov Bona Ventura Sulistiana menjelaskan, Porprov menjadi titik kulminasi bagi prestasi olahraga di Jateng. Porprov Pati Raya digelar di enam wilayah kabupaten, ditambah empat daerah penyangga yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kota Surakarta. Multievent kali ini menggelar 57 cabang olahraga, dengan mempertandingkan.melombakan 862 nomor.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyatakan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada daerahnya. Pembukaan Porprov adalah momentum spesial karena pada saat bersamaan Pati juga sedang merayakan HUT ke-700 pada 7 Agustus 2023.

Selain diisi dengan penampilan marching band ponpes Salafiyah Kendal, acara pembukaan Porprov dipungkasi enampilan band Cokelat featuring Ahmad Albar dan Ian Antono. Vokalis Cokelat Kikan membawakan lagu bernuansa patriotisme dan cinta tanah Air melalui  ''Bendera'' dan ''Tanah Airku''. Sedangkan rocker legend Ahmad Albar mengusung dua tembang lawas andalannya ''Panggung Sandiwara'' dan ''Rumah Kita''. (Aji)