Helo Indonesia

Suvenir Boneka Si Podang Disiapkan untuk Juara di Pornas Korpri 2023, Jateng Tampil Full Team

Ajie - Olahraga
Senin, 10 Juli 2023 17:27
    Bagikan  
Suvenir Boneka Si Podang Disiapkan untuk Juara di Pornas Korpri 2023, Jateng Tampil Full Team

Boneka burung Si Podang yang menjadi maskot Pornas Korpri 2023

HELOINDONESIA.COM - Panitia Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) XVI di Kota Semarang siap memberikan pelayanan terbaik bagi kontingen selama penyelenggaraan Pornas yang akan berlangsung 13-23 Juli 2023.

Kabid Keolahragaan Disporapar Jawa Tengah, yang juga Kabid Pertandingan Pornas Korpri Aria Chandra Destianto mengatakan, pihaknya akan menyukseskan Pornas sejak kedatangan tim Aju, kontingen, welcome dinner, temu teknik, pembukaan, pelaksanan pertandingan hingga penutupan.

Menurut dia, tuan rumah Jateng akan tampil full team di 10 cabang olahraga dengan 54 nomor yang dipertandingkan dan diperlombakan. Kekuatan kontingen Jateng berjumlah 186 orang. Pornas Korpri 2023 akan diikuti 100 kontingen, dari 36 provinsi, 27 kementerian, dan 37 lembaga se-Indonesia.

Panitia Pornas Korpri, kata dia, juga menyiapkan cendera mata boneka yang menjadi maskot Pornas Korpri yaitu Si Podang kepada para peraih medali pada event ini.
''Kami mengotimalkan para perajin untuk membuat boneka sebagai suvenir atau cendera mata bagi para juara. Ada visi sport tourism dan menggerakan perekonomian masyarakat,'' kata Aria saat dihubungi Senin 10 Juli 2023.

Empat Sukses

Menurut Aria, pihaknya mengusung empat sukses dalam penyelenggaraan Pornas Korprini. Keempatnya adalah sukses penyelenggaraan minim klaim, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses pemberdayaan masyarakat.

Dijelaskannya, terkait maskot Si Podang, dipilih karena merupakan identitas Jawa Tengah yang menyimbolkan kekompakan, keselarasan, dan keindahan budi pekerti. Sebagaimana logo Pornas Korpri 2023, juga bernuansa Candi Borobudur yang identik dengan Jateng.

Burung Si Podang yang digambarkan energik, kata dia, mengandung filosofi semua lini yang terlibat dalam penyelenggaraan Pornas Korpri memiliki kelincahan, dan semangat. Blangkon yang dikenakan Si Podang menggambarkan kegagahan dan wibawa.
Sedangkan beskap Korpri motif baru merupakan simbol kesatuan pegawai Indonesia yang yang berintegritas, berdedikasi, dengan semangat berkarya yang tinggi. (Aji)