Helo Indonesia

Daripada Ribut, JIS Diusulkan Dicoret Ganti Stadion Lain Untuk Venue Piala Dunia U-17

Drajat Kurniawan - Olahraga
Sabtu, 8 Juli 2023 14:27
    Bagikan  
Stadion JIS
Ist

Stadion JIS - Stadion JIS di Jakarta Utara, dibangun era Gubernur DKI ANies Baswedan. (Foto: ist)

HELOINDONESIA.COM - Rencana renovasi Jakarta Internasional Stadium (JIS) supaya memenuhi standar FIFA untuk gelaran Piala Dunia U-17 malah memicu polemik.

Dalam rencana renovasi, tidak hanya soal perbaikan rumput lapangan, akses masuk bus pun kini ramai menjadi perdebatan. Akses bus untuk mengantar pemain juga menjadi bagian dari rencana renovasi JIS.

Staff komite eksekutif (exco) PSSI Arya Sinulingga, membagikan cuplikan video bantahan bahwa JIS menyediakan akses bus untuk mengantarkan pemain hingga ke ruang ganti. 

Dalam video yang dilansir dari akun Twitternya, Sabtu (8/7/2023), ada sebuah diskusi dalam acara 'Indonesia Lawyer Club' dimana loyalis Anies Geisz Chalifah menampilkan rekaman video sebuah bus masuk ke dalam stadion JIS. Geisz mengatakan, adanya bus trrsebut menjawab tentang isu bahwa JIS tidak memiliki akses bus untuk mengantarkan pemain hingga ke ruang ganti.

Baca juga: Kesadaran Keamanan Pangan Masyarakat Indonesia Masih Rendah

Dalam cuplikan video lainnya, sebuah bus terlihat berjalan perlahan saat menuju ruang yang mirip basement. Cuplikan Video tersebut menarasikan pintu masuk JIS sempit untuk bus besar.

"Ada pembohongan informasi, jangan kau terjebak informasi. Geisz Chalifah ternyata menginformasikan jalur VVIP sebagai jalur pemain. Bohong atau tak paham," cuit Arya.

Cuitan Arya Sinulingga tersebut langsung direspon beragam. Sebagian warganet sepakat jika JIS tidak memenuhi standar FIFA lebih baik dicoret dari daftar salah satu Venue untuk Piala Dunia U-17.

Baca juga: Siap Bersaing dengan Ayuverda India dan TCM China, 31 Asosiasi Deklarasikan Board of ETNA Tourism

"Sudahlah bro, kami segenap bangsa netizen indonesia tau siapa yg goblok, pansos dengan JIS. pialka dunia u17 ak usah main di JIS, sekalian aja main dilapangan banteng biar dekat dengan kelompok berbaju merah.. atau sekalian main di mandalika saja biar gak rugi," cuit akun @****nez.

"Bilangnya ayo sama2 benahi JIS n meyakinkan pihak lain kalo gak ada politisasi dlm rencana renovasi JIS. Tp Bang Arya sendiri denial soal fakta bus sebenarnya bs masuk JIs. Masih aja percaya bus gak bs masuk berdasarkan video kubu sendiri (echo chamber)," kata akun @*****isadat.

"Sudahlah. Kalau dianggap blm memenuhi syarat @FIFAcom, silahkan pakai stadion lain yg katanya sdh penuhi syarat.

Baca juga: Tokoh Kritikus Ini Sebut: Demi Perubahan SBY Legowo Anies - Gatot Nurmantyo

Biarlah jis nya tdk usah diperbaiki dulu. Takutnya setelah diperbaiki jadi kurang bagus," ujar akun @****ratocrazy.

"Drpd ngurusin stadion yg emng blum diverifikasi bner olh FIFA.BUMN ga ad urusan lain kh yg lbih brguna kyak ga ad kerjaan lain urusin rmput lh,krain stelh dceramahi kmrn sdh phm trnyata msih sma aj.udh dksih cra juga sma bung towel.cb ajukan saja nnti mn yg dicoret sgmpang itu," timpal akun @****rul.

Sebelumnuya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengakui ada beberapa hal yang akan direnovcasi dari JIS, selain pergantian rumput, akses pun akan diperbaiki khususnya akses bus.

Baca juga: Pochettino Sesumbar Antar Chelsea Jadi Klub Elit Kembali Musim Depan

Menurut dia, JIS akses bus yang ada salam stadion JIS kurang memadai sehingga menyulitkan para pemain dan ofisial untuk masuk.

"Kondisi sekarang, bus tidak bisa masuk sini karena disana pintu itu akan dibongkar supaya bus bisa masuk," kata Basuki saat meninjau Stadion JIS, Selasa (4/7/2023).

Namun, Basuki menilai masalah akses bud tersebut bukan persosalan besar sehingga bisa segera diperbaiki.