Helo Indonesia

Petinju PPLOP Tak Terbendung di Popda Jateng, Surakarta Pimpin Klasemen

Ajie - Olahraga
Senin, 26 Juni 2023 21:44
    Bagikan  
Petinju PPLOP Tak  Terbendung di Popda Jateng, Surakarta Pimpin Klasemen

Petinju Magelang A Galih Bima (kiri) saat menghadapi Gibran Alfarizi (Surakarta) dalam Popda Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Para petinju Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng yang memperkuat daerahnya masing-masing tak terbendung di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2023 yang berlangsung di Gedung Tinju Center, komplek Gelora Jatidiri Semarang, Senin 26 Juni 2023.


Petinju PPLOP asal Kendal, Chico Raya Fiba Marchiano yang tampil di kelas 48 kg putra lolos ke babak berikutnya setelah tak kesulitan menghentikan perlawanan Ago Laksono (Magelang A) dengan kemenangan RSC (referee stops contest).
Jejak Chico diikut rekan satu pemusatan latihan, Aldo Nugroho (Sukoharjo) yang menang KO atas Pradipta Dary Ahnaf (Cilacap) di kelas 54-57 kg putra.


Partarungan ketat terjadi di kelas 57-60 kg putra ketika Galih Bima Sejati Perkasa (Magelang A) harus bersusah payah untuk mengandaskan petinju ulet Gibran Alfarizi (Kota Surakarta). Petinju PPLOP itu menang angka 2-1.
Atlet Wonosobo penghuni PPLOP, Tengku Tristan yang berada di sudut merah juga sukses menyisihkan petinju Pati Muhammad Alfahrian di kelas 60-63 kg putra.


Hal yang istimewa pada cabang tinju adalah meningkatnya jumlah peserta dibanding Popda sebelumnya yang mencapai 111 atlet.
Technical Delegate Cabang Tinju Popda Parlindungan Manik menilai, tren olahraga tinju di kalangan pelajar memang sedang naik dari tahun ke tahun. Alasannya, cabang ini membuka peluang pelajar untuk berprestasi.


Kondisi ini, kata dia, juga berkat dukungan dari Dinas Kepemudaan Olahraga di masing-masing kabupaten/kota kepada atlet yang memilih sebagai petinju.


''Soal masih adanya dominasi petinju PPLOP tentu hal yang wajar. Tapi menurut amatan saya, secara taktikal dan seni bertinju mereka masih stagnan, belum ada perkembangan yang signifikan. Bisa saja karena mereka belum menemukan lawan yang sepadan,'' tambahnya.


Cabang tinju masuk dalam 12 cabang olahraga Popda yang digelar di tahap kedua (26-28 Juni 2023). Tahap pertama dilaksanakan pada 21-23 Juni 2023 dan sudah menyelesaikan 13 cabang olahraga.


Selain tinju, sebelas cabang lainnya yang sedang dimainkan pada tahap II ini meliputi angkat besi, balap sepeda, bola voli indoor, voli pasir, dayung, judo, kempo, panjat tebing, renang, senam, dan taekwondo.


Surakarta Memimpin


Sementara itu, hingga saat ini Kota Surakarta memimpin klasemen sementara Popda dengan capaian 35 medali emas, 13 perak, dan 18 perunggu. Urutan kedua ditempati Kota Semarang dengan 14 emas, 9 perak, dan 16 perunggu, disusul Jepara dengan 10 emas, 7 perak, dan 7 perunggu.


Pundi-pundi emas Sukarta yang menyandang juara umum Popda 2022, diantaranya cabang anggar yang digelar pada Popda tahap I.
Sedangkan tuan rumah Kota Semarang pada Popda tahap kedua, Senin (26/6) mendapatkan emas dari cabang judo nomor Ju No Kata (peragaan jurus) putri atas nama Joshepine Allegra Budiman dan Abigail Clarissa Christian.


Medali perak diraih Erma Lintang Karisma/Ellisa Khaliyana (Surakarta) dan perunggu disabet Feliza Nova Dwi/Devinta Putri Farelia (Kota Salatiga).


Nomor Ju No Kata putra, urutan I-III masing-masing Novian Singgih/Aprilino Bagus (Wonogiri), Magalih Ahmad Fitra/Adhimas Wijil (Kebumen), dan Fabiano Artha Maulidyandary (Surakarta). (Aji)