Helo Indonesia

Kepindahan Messi ke MLS Pertanda Era Keemasan Sepak Bola Eropa Berakhir

Winoto Anung - Olahraga
Jumat, 9 Juni 2023 00:37
    Bagikan  
Messi, Ronaldo, Ibrahimovic, Benzema.
@CBSSportsGolazo

Messi, Ronaldo, Ibrahimovic, Benzema. - Lionel Messi, Ronaldo, Ibrahimovic, Benzema, meninggalkan sepak bola Eropa.

HELOINDONESIA.COM - Lionel Messi telah mengambil keputusan. Legenda Barcelona tidak akan kembali ke Spanyol atau menuju Arab Saudi, meskipun gaji yang diajukan memusingkan.

Messi bergabung dengan Major League Soccer (MLS) dan akan bermain untuk Inter Miami bulan depan sebagai penandatanganan marquee dalam sejarah MLS. Kepindahan Messi ke MLS Amerika Serikat juga mengakhiri era keemasan sepak bola Eropa.

Cristiano dan Benzema: Dua mantan bintang Real Madrid di Arab Saudi

Selain Messi dan 37 trofi yang dimenangkannya sebagai pemain untuk Barcelona dan PSG, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema juga telah meninggalkan Eropa setelah karier gemilang di benua itu.

Baca juga: Megawati Beri Tujuh Perintah Harian, Siapkan Jurkam Terbaik, Tampilkan Ganjar Apa Adanya

Kepergian Benzema ke klub Saudi Al-Ittihad telah dikonfirmasi dengan kontrak hingga 2026. Benzema, peraih Ballon d'Or, menjadi jimat Madrid selama lima tahun terakhir, mencetak setidaknya 19 gol liga di setiap musim dan memainkan peran penting saat Madrid menaklukkan LaLiga dan Liga Champions UEFA pada tahun 2022.

Ronaldo, yang meninggalkan Madrid sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 450 gol, bergabung dengan Al-Nassr dalam kontrak dua tahun pada Januari. Meskipun ia mencetak 14 gol dalam 16 pertandingan di Liga Pro Saudi, tim Al-Nassr-nya finis kedua di klasemen musim ini. 

Zlatan mengumumkan pensiun

Tidak seperti Messi, Ronaldo, dan Benzema, Zlatan Ibrahimovic tidak pernah memenangkan Ballon d'Or - dan dia telah memutuskan untuk menghentikan karir profesionalnya.

Ibrahimovic mengkonfirmasi pengunduran dirinya pada hari Minggu, menyusul kemenangan akhir musim AC MIlan 3-1 atas Verona. Zlatan mengakhiri kariernya dengan 32 trofi dan finis di urutan keempat untuk Ballon d'Or pada 2013, ketika ia masih menjadi pemain PSG.

Baca juga: Rakernas III PDIP Rekomendasikan Pilpres 2024 Jujur Hingga Masa Jabatan Kades Sembilan Tahun

Meskipun ia tidak pernah memenangkan Ballon d'Or atau Liga Champions, Zlatan adalah pemain lain yang kualitasnya menentukan seluruh generasi sepak bola Eropa -- seperti Cristiano, Karim, dan Lionel.

Kami sudah setengah musim. Dan sekarang Anda dapat menonton aksi Messi dan MLS dengan diskon 50% dari harga musim penuh. (*)

(Winoto Anung)