bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Golf Jateng Torehkan Sejarah, Sabet Emas Pertama Sepanjang Keikutsertaan di PON

Ajie - Olahraga
Senin, 16 September 2024 20:41
    Bagikan  
Golf Jateng Torehkan Sejarah, Sabet Emas Pertama Sepanjang Keikutsertaan di PON

Amadeus dan Angga bersama Ketua Umum PGI Jateng Kukrit Suryo Wicaksono

MEDAN, HELOINDONESIA.COM - Cabang golf akhirnya memberi medali emas untuk kali pertama bagi kontingen Jateng sepanjang keikutsertaan di Pekan Olah Raga Nasional (PON).

Pada XXI Aceh-Sumut ini adalah PON bersejarah karena mampu merebut emas melalui pegolf Amadeus Christian dan Nicolas Angga meraih podium pertama pada nomor foursome putra di Padang Golf Royal Sumatra, Medan, Senin 16 September 2024. Amadeus/Angga meraih total angka 136 (8 di bawah par).

Sedangkan medali  perak dan perunggu diraih atlet tuan rumah Rayhan Latief/Asa Najib dengan totakl skor 138 (6 di bawah par). Lalu Christian Sinuhaji/ Mikail Jaydra dengan total skor 142 (2 di bawah par). Amadeus/Angga memang tampil dominan dalam dua putaran perlombaan. Pada putaran pertama, Minggu (15/9), Amadeus/Angga meraih total skor 71 (1 di bawah par).

Pada putaran kedua, Senin (16/9), perolehan angka kedua pegolf itu semakin membaik. Mereka mencatatkan total skor 65 (7 di bawah par).

Baca juga: Sifa Buktikan Jadi Ratu Balap BMX Tanah Air, Rebut Emas di PON XXI

Manajer tim golf POIN XXI Jateng Yossie Harijanto mengatakan, penampilan dua pegolf muda Jateng itu sangat luar biasa. Ini dilihat dari hasil pukulan tiap lubang. ''Pada putaran kedua, mereka mencatatkan birdie (pukulan di bawah par) di sembilan lubang,'' kata Yossie.

Kunci kemenangan mereka, lanjutnya, adalah ketenangan dan fokus penuh saat berlomba. Yossie sangat mengapresiasi perjuangan pegolf Jateng. ''Ini adalah emas perdana cabang golf pada PON. Ini karena pembinaan sejak 10 tahun lalu dan ini membuahkan hasil,'' tandasnya.

Kukrit Suryo Wicaksono menyambut gembira capaian emas dari pasangan Jateng karena ini merupakan sebuah sejarah baru.

"Ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan, karena dari tiga kali PON terakhir, baru kali ini Jawa Tengah bisa mempersembahkan emas. Harapannya, bisa menjadi sebuah awal kebangkitan prestasi cabang olahraga golf," tegas Kukrit.

Sebelum ini, Kukrit sudah optimistis tim golf Jateng mampu menciptakan sejarah baru di PON, dengan merebut medali emas untuk pertama kalinya.

Padahal sebenarnya, kekuatan tim golf Jateng pada PON Aceh Sumut 2024 berkurang.
Salah satu andalan di sektor putri yakni, Elaine Widjaja batal tampil karena masih menjalani pendidikan di Amerika Serikat.

Baca juga: Menang Dramatis Atas Kaltim, Tim Bola Tangan Putra Jateng Rebut Perunggu di PON

"Meski tanpa Elaine, PGI Jateng tetap optimistis atlet-atlet golf yang tampil dalam PON ini bisa memberikan prestasi yang terbaik," ujarnya.
Di PON kali ini, Jateng diperkuat lima pegolf yakni Amadeus Christian, Nicolas Angga, Theodore Pradjoto, Thea Jessica dan Michelle Mogi. (Aji)