bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

PON 2024 Penuh Dinamika, Jateng Berpotensi Dulang 28 Emas Lagi

Ajie - Olahraga
Minggu, 15 September 2024 08:04
    Bagikan  
PON 2024 Penuh Dinamika, Jateng Berpotensi Dulang 28 Emas Lagi

Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana saat memimpin konferensi pers di Posko Kontingen PON Jawa Tengah

BANDA ACEH, HELOINDONESIA.COM - Kontingen Jawa Tengah terus berjuang untuk mendulang medali emas sebanyak mungkin di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumut yang saat ini masih berlangsung.

Menurut Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, pencapaian Jateng yang hingga Sabtu malam 14 September 2024 menempati urutan kelima di dengan raihan 33 medali emas, 32 perak dan 59 perunggu membuktikan semangat tempur terus menyala di dada para atlet Jateng. Saat ini raihan Jateng dengan tuan rumah Aceh sama-sama 33 emas, namun unggul dalam perolehan medali perak.

Baca juga: Calista Setiawan Pungkasi Penantian Jateng Raih Emas Taolu di PON

Pada Sabtu (14/9), Kontingen Jateng berhasil menambah 8 emas, 5 perak, dan 7 perunggu. Delapan emas tersebut disumbangkan dari cabor wushu, panjat tebing, menembak, soft tennis, drum band, taekwondo dan anggar.

Ditegaskan Bona, pencapaian emas ini telah memenuhi target pertama, yaitu melampaui perolehan emas pada PON XX 2021 di Papua. Target berikutnya yang tengah dikejar adalah memperbaiki peringkat yang sebelumnya di PON Papua bertengger di posisi keenam dengan 26 medali emas.

''Kami mengucapkan terima kasih kepada para atlet, pelatih dan pengurus cabang olahraga yang tak pernah menyerah untuk meraih medali emas di PON yang menurut kami penuh dengan dinamika ini, mulai dari ransum hingga peristiwa di arena pertandingan,'' kata Bona dalam konferensi pers secara hybrid di Banda Aceh, Sabtu 14 September 2024.

Bona menyatakan, bahwa kekuatan pada PON 2024 cukup merata. Namun dia meyakini bahwa Jateng berpotensi menambah pundi-pundi medali emas, di sejumlah cabang yang masih bertanding, diantaranya wushu, atletik, menembak, kick boxing, dan tarung derajat.

Berpotensi 28 Emas

Sementara Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Soedjatmiko, potensi Jateng menambah banyak emas sangat terbuka, karena masih banyak nomor yang belum ditandingkan. Hingga kini masih tersisa 540 dari total 1.039 nomor yang dipertandingkan sehingga dinamis.

Baca juga: Rebut Emas, Drum Band Jateng Akhiri Puasa Gelar PON Selama 16 Tahun

“Sementara nomor yang sudah diselesaikan sebanyak 499 nomor, baru sektar 48 persen. Masih ada 540 nomor atau 53 persen yang belum dipertandingkan atau sedang ditandingkan tapi belum final. Jadi Jateng masih punya banyak peluang menambah medali emas,” kata Jatmiko yang juga Koordinator Wilayah Aceh, didampingi Wakabid Media dan Humas KONI Sigit Pramono yang memandu acara.

Berdasarkan data yang dimiliki KONI, lanjut dosen FIK Unnes itu, Jateng masih berpotensi mendulang tambahan emas pada kisaran 25 hingga 28 emas hingga PON XXI ini berakhir.

“Jika tidak ada hal-hal yang berbau huru hara, kami optimistis potensi emas Jateng itu bisa menjadi kenyataan. Kebetulan masih banyak nomor-nomor unggulan Jateng yang belum dipertandingkan dan dilombakan,” ungkapnya.

Baca juga: Bawaslu Kendal Tolak Permohonan Sengketa Dico - Ali

Sementara, Sekum KONI Jateng Achmad Ris Ediyanto menyampaikan terima kasih kepada semua atlet dan ofisial Jawa Tengah yang sudah berjuang di lapangan dengan maksimal. Dan buah kerja keras dan doa semuanya, sampai malam ini perolehan medali emas Jateng sudah melebihi target PON Papua XX tahun 2021.

“Alhamdulillah, medali emas yang sudah kita raih mencapai 33 keping. Dan kami optimistis jumlah itu akan bertambah lagi. Masih banyak nomor yang potensi medali emas untuk Jateng, dan kita berjuang untuk itu,” kata Ade Oesman yang sekaligus koordinator wilayah Sumut.**