bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tan Kiong An, Pebiliar Gaek Berusia 74 Tahun yang Sumbang Emas untuk Jateng di PON

Ajie - Olahraga
2 jam 13 menit lalu
    Bagikan  
Tan Kiong An, Pebiliar Gaek Berusia 74 Tahun yang Sumbang Emas untuk Jateng di PON

Pebiliar Tan Kong An didampingi Manajer Tim Buntat saat menerima bonus langsung usai meraih emas di nomor carom 3 cushion single PON

MEDAN, HELOINDONESIA.COM - Usia bukan halangan seorang atlet untuk meraih prestasi terbaik di PON XXI/2024. Buktinya, atlet biliar Jateng Tan Kiong An berhasil merebut medali emas di nomor carom 3 cushion single.

Pebiliar gaek tersebut mampu menggenggam emas setelah memenangi laga final nomor carom 3 cushion single cabang biliar PON dengan mengalahkan atlet DKI Jakarta Rudy Hasan 40-27 di Pardede Hall, Medan, Kamis 12 September 2024.

“Senang banget, di Papua (PON Papua 2024 hasilnya) kosong, akhirnya di sini dapat emas. Ini (medali emas) buat semua keluarga yang selalu mendoakan,” ujarnya usai laga.

Baca juga: Cut Dini Bikin Hapkido Jateng Pulang PON XXI dengan Medali Emas

Dia merasa bersyukur atas kehadiran sanak keluarga dan tim yang mendukung di sekitar arena mampu mengembalikan semangat bertanding hingga keluar sebagai juara.

“Mereka menyemangati saya jadi saya bangun lagi karena sudah hampir setengah tidur karena lelah,” kata atlet tertua di PON, yang mendapatkan bonus langsung Rp 10 juta dari KONI Jateng.

Jalannya laga final berlangsung dengan persaingan ketat. Kedua pebiliar yang saling mengejar poin sejak awal pertandingan hingga mencatatkan skor yang sama 24-24.

Tan mengatakan, pada saat skor seimbang, ia mencoba mendominasi permainan melalui penempatan bola yang membuat permainan lawan sulit berkembang.

“Saya memang menjaga supaya lawan tidak berkembang, dia (Rudy Hasan) mainnya bagus sehingga kalau sudah lepas maka saya akan tertinggal,” ujarnya.
Kelelahan
Dia mengatakan dirinya sudah sering menghadapi Rudy Hasan pada kejuaraan lain sehingga cukup memahami permainan lawannya itu.

Meski menyudahi pertandingan dengan kemenangan, Tan mengaku sempat mengalami kelelahan dalam laga tersebut.

Baca juga: Grand Final Mas Mbak Jawa Tengah 2024 Digelar 21 September, Ini Mahkota Juara yang Diperebutkan

Tan pun mempersembahkan medali emas tersebut untuk sanak keluarganya yang terus mendukungnya dalam pesta olahraga nasional terbesar di Indonesia.


Emas Tan ini adalah emas kedua untuk kontingen Jawa Tengah pada cabang biliar menjadi dua emas.
Satu emas sebelumnya diraih pasangan Rico Dela/Rizkha Affandy pada nomor 15 ball double putra.


Pertandingan cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 sudah berlangsung sekitar empat hari sejak Senin (9/9/2024). Cabang biliar menyuguhkan lima kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker yang diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri dari 32 provinsi di Tanah Air. (Aji)