bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bulutangkis Jateng Ciptakan Sejarah, Kawinkan Gelar di Nomor Beregu PON

Ajie - Olahraga
5 jam 50 menit lalu
    Bagikan  
Bulutangkis Jateng Ciptakan Sejarah, Kawinkan Gelar di Nomor Beregu PON

Tim bulutangkis putra Jateng berfoto bersama Ketua Umum PBSI Jateng Basri Yusuf dan ofisial

DELI SERDANG, HELOINDONESIA.COM - Cabang bulutangkis Jawa Tengah menciptakan sejarah di arena Pekan Olahraga Nasional (PON), ketika sukses mengawinkan gelar juara beregu putra dan beregu putri di PON XXI yang dihelat di GOR PBSI Pemprov Sumut, Deli Serdang, Kamis 12 September 2024.

Jateng pernah nyaris sapu bersih emas beregu di PON XVIII/2012 Riau, ketika tim putra dan putri lolos ke final. Sayang, emas hanya disabet tim putra yang saat itu diperkuat ganda putra Mohamad Ahsan/Tantowi Ahmad yang sukses menumbangkan Jabar, sedangkan putrinya yang dimotori pemain tunggal putri Maria Febe Kusumastuti merebut perak usai ditekuk Jabar.

Pada PON 2012, bulutangkis Jateng menjadi juara umum dengan capaian 3 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Baca juga: Sepatu Roda Jateng Lampaui Target di PON, Sabet Emas Ketiga lewat Disna Ayu

Pada PON XXI/2024 ini tim Jateng merajai emas bulu tangkis nomor beregu, setelah dalam partai final PON, tim putra menaklukkan DKI Jakarta dengan skor 3-1, dan tim putrinya menumbangkan Jabar dengan skor 3-0.

Kemenangan Jateng atas tim beregu putra DKI Jakarta dipastikan oleh Emanuel Joseph Surya Hartono/Voyage Afrisal Mahendra yang menang 21-18, 25-27, 21-19 atas Calvin Valentino Sifen Tan/Hafizh Deedat Baryadi dalam tempo 1 jam 17 menit.

Sebelumnya tunggal putra mereka Zaki Ubaidillah membuka keunggulan Jateng dengan kemenangan 21-14, 21-16 atas Dewangga Surya Negara.

Baca juga: Sharing Soal Bisnis, Agustin-Iswar Disambut Antusias Pengusaha Muda Semarang

Skor imbang 1-1 terjadi ketika putra Michael Owen/Yuke Gamareza Radjasa dikalahkan ganda putra Ali Faathir Rayhan/Wahyu Agung Prasetyo 13-21, 16-21.

Tunggal putra kedua Richie Duta Richardo membawa Jateng kembali memimpin setelah mengalahkan Rizki Dwi Cahyo dengan skor 21-18, 21-13 sehingga skor menjadi 2-1. Dan Emanuel/Vogaye menjadi penentu kemenangan Jateng.

Emas Putri

Sementara itu, medali emas putri menggulung Jabar dengan skor 3 -0 di laga final.
Pemain pertama Jateng Aura Ihza Aulia menang mudah atas Laili Dwiyanti dengan nilai 21-8, 21-16. Kemudian ganda pertama Jateng Bernandine Anindya/ Velisa Christina juga menang mudah atas pasangan Farica Abela/Shafa Kaulika Haqe dengan nilai 21-15, 21-10.


Kemudian pada partai ketiga pemain Jateng Suasan Dwi Ramadhani harus menang melalui rubber set atas Kanaya Anisa Putri dengan skor 21-12 dan 24-22.

Pemain beregu putri Jateng Suasan Dwi Ramadhani yang main di partai ketiga mengaku sangat bersyukur atas kemenangan ini dan sekaligus mengantarkan bulutangkis Jateng bisa menyumbangkan emas.
"Alhamdulillah. Saya bersyukur, tim beregu putri bisa meraih emas," katanya usai laga.

Baginya, PON XII adalah PON pertama yang diikutinya. Dan target pribadinya, setelah mendapat emas di nomor beregu, ia ingin mendapatkan emas di nomor persorangan.
"Saya ingin mendapatkan emas lagi di nomor perseorangan, " kata pebulu tangkis usia 19 tahun kelahiran Depok Jabar ini. (Aji)