bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

PON 2024, Tiga Atlet Panjat Tebing Jateng Tembus Final Nomor Combined Perseorangan

Ajie - Olahraga
Jumat, 6 September 2024 23:07
    Bagikan  
PON 2024, Tiga Atlet Panjat Tebing Jateng Tembus Final Nomor Combined Perseorangan

Pemanjat tebing Jateng Nafatika Astuti saat mencapai top point di nomor combined boluder dan lead perseorangan putri.

BANDA ACEH, HELOINDONESIA.COM - Tiga atlet panjat tebing Jawa Tengah memastikan tiket final nomor combined boulder dan lead perseorangan usai di semifinal menembus posisi delapan besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut di venue panjat tebing komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Jumat malam 6 September 2024.

Tiga atlet tersebut atas nama Ahmad Hafid Robiaturrohim di nomor combined (B&L) perseorangan putra, serta Najha Zahra dan Nafatika Astuti untuk perseorangan putri.

Baca juga: Tim Barongsai Jateng Sumbang Medali Perak Lagi di PON XXI Aceh-Sumut

Ahmad Hafid berhasil ke final setelah menempati urutan ketujuh dari 20 peserta yang berlaga di semifinal, dengan raihan total 96,5 poin. Angka didapatkan setelah di nomor boulder measih skor 24,4 dan lead 72,1 poin.

Di nomor ini kombinasi boulder dan lead perseorangan putra, posisi teratas semifinal baditempati Putra Tri Ramadani (Jatim) dengan skor 184,2, disusul si kembar Raviandi Ramadhan (Papua/184,1), dan Ravianto Ramadhan (Papua/161.1)

Sedangkan Najha menyelesaikan semifinal di urutan keempat dengan mengantongi total skor 115,6, sedangkan Nafatika di posisi ketujuh dengan pencapaian angka 93,8. Hasil semifinal putri, atlet Jatim Alma Ariella Tsany berada di urutan pertama dengan 155,8 poin, disusul Widia Fujiyanti (Jabar/136,9) dan Sukma Lintang Cahyani (DI Yogyakarta/130,9).

Tetap Optimistis

Manajer Tim Jateng Purwandi Ipinx menjelaskan, putaran final nomor combined (B&L) individu ini diambilkan delapan besar. Babak final putra dimainkan pada Sabtu sore (7/9), sedangkan putri pada Minggu (8/9).

Baca juga: Tim Barongsai Jateng Sumbang Medali Perak Lagi di PON XXI Aceh-Sumut

Menurut Ipinx kans di nomor gabungan boulder dan lead, dari delapan atlet yang masuk final memperoleh peluang yang sama untuk mendapatkan medali emas. Pasalnya, di nomor ini faktor mental dan kejelian membaca jalur memanjat amat menentukan.

''Ranking satu di semifinal belum tentu bisa menjadi terbaik di final nanti. Sebaliknya, atlet-atlet kami dengan posisi seperti itu, bisa menyodok ke atas. Kami menaruh harapan di nomor ini,'' tandas Ipinx. (Aji)