bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Jateng Hingga Hari Ini Belum Koleksi Emas di PON, Berikut Penjelasan Ketua Umum KONI

Ajie - Olahraga
2 jam 55 menit lalu
    Bagikan  
Jateng Hingga Hari Ini Belum Koleksi Emas di PON, Berikut Penjelasan Ketua Umum KONI

Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana saat melepas atlet terjun payung, triathlon, dayung dan tim panitia di Bandara Ahmad Yani Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana , mengungkapkan, hingga Kamis (5/9) hari ini Jateng belum berhasil meraih medali emas satu keping pun dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/Aceh-Sumut 2024 karena beberapa faktor.

Ketika melepas cabor terjun payung, triathon dan dayung beserta Tim Panitia, di Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis 5 September 2024. Bona mengakui pertandingan hingga hari ini, Jateng belum mendapatkan medali emas karena pada pertandingan sebelum acara pembukaan PON XXI Aceh Sumut, pihaknya menyertakan cabang olahraga non-unggulan Jateng, yang berdampak dalam persaingan.

Baca juga: Atlet Wushu Jateng Diminta Tampil Sempurna di PON XXI

Dia menyatakan, jika Jateng telah menurunkan atlet unggulan di cabang yang menjadi unggulannya, maka harapan medali emas mampu direalisasikan oleh atlet.

"Memang hari - hari awal sebelum upacara pembukaan PON Aceh Sumut, Jateng menyertakan atlet nonunggulan sehingga kami menyadari kalah bersaing untuk mendapatkan medali emas. Cabang yang dimainkan pun juga cabang unggulan Jateng. Semoga untuk hari selanjutnya atlet unggulan yang dimiliki Jateng mampu mempersembahkan medali emas,'' harap Bona.

Faktor Mental

Menurut Bona, tekanan yang tinggi di arena PON dan berbagai faktor lainnya dapat mempengaruhi mental atlet Jateng. Untuk itu, dia meminta seluruh pihak agar fokus dan memiliki semangat tempur yang tinggi.

Ia juga berharap agar atlet-atlet yang berangkat dapat menunjukkan performa terbaik dan membawa pulang medali bagi provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Tim Barongsai Jateng Kembali Sumbang Dua Medali, Akui Sumut Lebih Baik

Sementara itu, Ketua Pengprov cabor Terjun Payung Jawa Tengah Edi Darmanto menyatakan penerjun payung asal Jawa Tengah siap meraih prestasi PON XXI/ 2024 yang akan digelar di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Dalam ajang olahraga multi event tersebut, Jawa Tengah akan menyertakan empat penerjun masing masing Petrus Riyadi Subagyo, Fatoni, Sutrisna, dan Tri Herwanto.

Pihaknya menargetkan satu medali emas untuk kategori perseorangan yang diharapkan diraih oleh Fatoni, serta medali perak di kategori beregu.
Sedangkan saingan terberat Jateng , diperkirakan datang dari tim Jabar, yang merupakan rival kuat di ajang ini.

"Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, tim Jateng optimis dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Para atlet kini tengah mempersiapkan diri secara maksimal untuk memberikan penampilan terbaik mereka di multieven yang prestisius di Tanah Air ini,'' ujar Edi.

Baca juga: Kalah Lagi, Langkah Tim Bola Basket Putra Jateng Terhenti di Babak Penyisihan PON

Cabor terjun payung PON XXI akan mempertandingkan nomor beregu dan perseorangan putra Ikut dalam rombongan penglepasan atlet Jateng dan Tim panitia menuju PON Aceh-Sumut, Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah Abdul Hamid serta Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana dan beberapa Wakil Ketua Umum KONI Jawa Tengah. (Aji)