bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Petarung Derajat Jateng Diminta Punya Mental Kuat saat Bertanding di PON

Ajie - Olahraga
5 jam 17 menit lalu
    Bagikan  
Petarung Derajat Jateng Diminta Punya Mental Kuat saat Bertanding di PON

Para atlet terung derajat berpose bersama Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, pembina, pengurus, dan pelatih

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Para atlet tarung derajat mendapat wejangan penting dari pengurus Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Tengah jelang keberangkatan mereka pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Dalam acara pelepasan kontingen Kodrat Jateng, di Semarang, Selasa malam 3 September 2024, sebanyak 17 atlet yang disiapkan mengikuti PON XXI Aceh-Sumut diminta untuk menunjukkan mental yang kuat ketika tampil pada PON nanti.

Kodrat Jateng berbekal status juara umum kedua pada babak kualifikasi PON dengan meraih empat emas.

Baca juga: Gus Halim Serahkan Penghargaan 15 Desa Berprestasi Turunkan Stunting

Capaian itu diharapkan menjadi motivasi para atlet untuk menunjukkan prestasi terbaiknya nanti.

Adapun Kodrat Jateng masuk dalam kategori Lini 2 dari KONI Jawa Tengah yang diharapkan mampu menyumbang dua emas. Namun dari Pengprov Tarung Derajat Jateng optimis bisa melampaui target itu dengan membidik tiga emas di PON XXI.

Dalam acara pelepasan atlet ini, turut hadir Ketua KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana yang ditemani Wakil Ketua Umum I Bambang Raharjo Munadjat, Dewan Pembina Pengprov Kodrat Hendrar Prihadi, dan Ketua Umum Pengprov Kodrat Putut Sutopo.

Dalam sambutannya, Dewan Pembina Hendrar Prihadi meminta atlet Jateng tampil sebaik mungkin pada PON nanti.

"Saran saya, ini pertarungan kawan-kawan setelah sekian tahun berlatih. Tunjukkanlah skill anda sebaik-baiknya, tunjukkanlah mental anda sekuat-kuatnya. Saya yakin bismillahirrahmanirrahim, target emas bisa tercapai," ungkap Hendi sapaannya.

Para atlet Kodrat Jateng rencananya akan berangkat ke Aceh pada (12/9) mendatang. Sementara untuk jadwal tanding akan berlangsung mulai (16/9).

"Kita berharap tarung derajat di PON dapat berprestasi, terutama untuk menambah medali emas," ungkap pria yang juga bakal calon wakil Gubernur Jateng tersebut.
Ke Aceh
Di depan para atlet, Hendi juga menyampaikan akan menyempatkan waktu ke Aceh mendukung langsung tim Jawa Tengah jika ada yang masuk ke final untuk perebutan medali emas.

"Saya rasa yang penting dalam sebuah turnamen cabang olahraga masing-masing daerah kan selalu berlomba-lomba meningkatkan prestasinya. Nah tinggal kesiapan atlet Jawa Tengah ini, dengan skill, dengan daya juang, mental atlet-atlet Jawa Tengah bisa terjaga dengan baik," ungkapnya.

"Kalau Jawa Tengah masuk final, saya Insyaallah akan sempatkan terbang ke Aceh menyaksikan perjuangan atlet tarung derajat Jateng," tandasnya.

Hal yang sama diungkapkan ketua Pengprov Putut Sutopo. Dia menyebut pihaknya berharap tarung derajat Jateng bisa meraih dua atau tiga emas nantinya.

"Yang terpenting mentalnya saat bertanding. Kemudian mewaspadai sisi nonteknik," kata Putut.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana mengatakan, cukup senang saat mendengar laporan manajer tim Kodrat Jateng, Ipang Setiawan bahwa dalam BK PON, Kodrat Jateng meraih empat emas.

"Saya gembira mendengar kabar prestasi kodrat di kualifikasi meraih empat emas. Saya meyakini kodrat bisa membawa tiga emas dari PON. KONI dengan keterbatasan dana kita berusaha memaksimalkan dalam rangka menyiapkan atlet," ucapnya. (Aji)