bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pj Gubernur Targetkan Kontingen PON Jateng Dulang 50 Medali Emas

Ade - Olahraga
Minggu, 25 Agustus 2024 11:31
    Bagikan  
Pj Gubernur Targetkan Kontingen PON Jateng Dulang 50 Medali Emas

BENDERA: Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat memberikan bendera Provinsi Jateng kepada Ketua Kontingen PON Jateng Agung Haryadi saat acara penglepasan, di GOR Jatidiri Semarang. Foto: Humas KONI Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melepas 1.141 kontingen Jateng  yang akan bertanding pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut) pada 8 -20 September 2024.

Pelepasan kontingen itu dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Jatidiri, Kota Semarang, pada Sabtu, 24 Agustus 2024 malam. Hadir pada acara yang berlangsung meriah tersebut Ketua Kontingen Jateng Agung Haryadi, Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana perwakilan Forkompinda Jateng, Kepala OPD yang terkait dengan kepanitiaan kontingen.

Nana menjelaskan, kontingen Jateng dengan mengikuti 60 cabang olahraga di PON XXI Aceh Sumut, seharusnya prestasi Kontingen Jateng lebih meningkat dibandingkan dengan hasil yang didapat pada saat PON XX Papua Tahun 2021.

‘’Di PON Papua yang lalu, Kontingen Jateng berada diposisi kenam klasemen akhir. Perolehan medali yang diperoleh hanya 27 medali emas. Sekarang saya mau bertanya kepada para atlet, pelatih, dan manajer. Apakah peringkat keenam pantas diduduki Kontingen Jateng?” ujar Nana.

Target

Mendapat pertanyaan dari Pj Gubernur Jateng, para atlet yang mengikuti upacara penglepasan secara serentak menjawab, Tidak. Tepuk tangan pun bergumuruh di GOR Jatidiri Semarang, ketika jawaban para atlet menggema.

Dengan banyaknya cabor yang diikuti Kontingen Jateng, Nana berharap, berbanding lurus dengan  perolehan medali . Paling tidak, ditargetkan sebanyak 50 medali emas bisa dibawa pulang.

Ia juga menargetkan, peringkat Jateng di ajang PON tahun ini bisa berada di posisi tiga besar, atau mengalami kenaikkan  dari periode sebelumnya yang berada di posisi enam besar.  “Setidak-tidaknya ada perbaikan peringkat  dan bisa menambah perbendaharaan medali,” kata Nana.

Ditambahkan Nana, untuk mencapai target tersebut, selama kurang lebih 7 bulan belakangan ini, intensitas latihan para atlet telah ditingkatkan.   Di samping itu, penyelenggaraan event Jawa Tengah Sport Tourism Event (Specta) yang  digelar sejak Februari 2024 lalu, juga menjadi sebagai sarana pemanasan latih tanding para atlet.

Pemanasan

"Kita pun ada beberapa program Pemprov, yaitu Jateng Sportourism Event, yang kita harapkan akan dimanfaatkan untuk pemanasan gitu," ungkapnya.

Seluruh atlet yang terpilih mewakili Jateng, imbuhnya, merupakan hasil seleksi yang ketat, sehingga bisa dipastikan merekalah yang terbaik. ‘’Dari 37 juta jiwa penduduk Jateng, kalianlah yang terpilih. Kalian menjadi duta Jawa Tengah untuk bidang olahraga,’’ tukas Nana.

Lebih lanjut, Nana menjelaskan, cabang olahraga unggulan yang diproyeksikan mendulang medali emas adalah wushu, menembak, pencak silat, taekwondo, panahan, atletik, dan panjat tebing. Melalui dukungan yang dberikan Pemprov Jateng, para atlet diharapkan bisa memberikan prestasi terbaiknya.

Pada kesempatan itu Nana juga berpesan, agar seluruh kontingen mampu menunjukkan budaya Jateng yang santun, tetapi tidak kenal putus asa. Mereka harus bisa membuktikan bahwa dibalik kelemahlembutan masyarakat Jawa Tengah, terdapat jiwa yang pantang menyerah.

Acara penglepasan Kontingen PON Jateng ditandai dengan cium bendera merah putih dan bendera Provinsi Jateng oleh 60 perwakilan atlet cabang olahraga. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bendera Provinsi Jateng dari Pj Gubernur Jateng kepada Kadisporapar Jateng Agung Haryadi. (ADE)