bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Atlet Petanque Jateng Berjaya dalam Uji Coba, Waspadai Aceh yang Simpan Kekuatan di PON

Ajie - Olahraga
Sabtu, 10 Agustus 2024 10:09
    Bagikan  
Atlet Petanque Jateng Berjaya dalam Uji Coba, Waspadai Aceh yang Simpan Kekuatan di PON

Tim petanque Jateng yang meraih prestasi di International Petanque Tournament di Mataram. Foto: FOPI Jtg

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 14 atlet petanque Jawa Tengah memanfaatkan event terbuka International Petanque Tournament di Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram, NTB, 1-3 Agustus 2024 lalu sebagai sarana try out untuk menghadapi PON XXI/Aceh-Sumut, September mendatang.

Event ini bersifat terbuka, artinya peserta bisa ikut dengan berpasangan putra, pasangan putri, atau pasangan campuran.

Hasil uji coba atlet petanque di Mandalika tersebut tak mengecewakan, bahkan membangun optimisme menghadapi PON. Jateng berjaya dengan menggondol satu medali emas, dan satu perak. Atlet lainnya menembus delapan besar.

Baca juga: Di MAJT Besok, Finalis Fashion Show Meriahkan Puncak Acara Semarak Muharram 1446 H

Manajer Pelatda PON Petanque Jateng Rivan Saghita Pratama menjelaskan, medali emas dalam uji coba tersebut dipersembahkan Feiv Hidayat/Nirmala Larasati (pasangan campuran). Pasangan Haris Fahmi Asy Safiq/Ahmad Hassan Fadhil (pasangan putra). Sedangkan yang sampai delapan besar adalah pasangan putri Fadhzilatul Al Azmi/Najicha Aulia R.

Dijelaskannya, event internasional ini bolah dikata merupakan gambaran tingkat pesaingan di PON nanti. Pasalnya diikuti tim kuat seperti Jatim, Sulsel, NTB, Bali, Jabar, dan DKI Jakarta. Selain itu ada peserta asing yang datang dari Prancis, Malaysia dan Thailand.

''Kami optimistis, anak-anak masih memiliki daya saing di PON nanti. Jika melihat hasil try out ini, termasuk babak kualifikai PON yang meraih satu emas, dua perak, satu perunggu, harapan kami petanque akan membuat sejarah di PON Aceh-Sumut,'' ujar Rivan di Semarang Sabtu 10 Agustus 2024.

Waspadai Aceh

Disinggung soal pesaing terberat? Wakil ketua umum II Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jateng itu justru menyebut tuan rumah Aceh, termasuk Sumut. Pasalnya pihaknya tak bisa melihat kekuatan para atlet dari Serambi Mekkah ini.

''Aceh menyimpan kekuatannya. Ini yang kami waspadai. Apalagi mereka juga tampil di hadapan publiknya, tentu punya semangat berlipat,'' tambah doktor program pendidikan olahraga FIK Unnes tersebut.

Baca juga: Minyak Perdana dari Pengeboran Banyu Urip Infil Clastic Jadi Kado Hari Kemerdekaan

Untuk uji coba berikutnya, Rivan mengatakan masih bersifat situasional. Jika masih ada waktu bisa mengikuti test event di Sport Center Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, lokasi penyelenggaraan cabang petanque PON.

Selain itu, kata dia, pihaknya membidik tim petanque bisa try out ke Malaysia atau Thailand.

''Kami terus menjajaki peluang bisa try out lagi. Kalau memang test event berlangsung akhir Agustus ini, kami ikut sekaligus berangkat lebih awal ke PON,'' pungkasnya. (Aji)