bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Perjalanan Panjang Tiga Pesawat Glider Jateng Sampai ke Aceh Utara

Ade - Olahraga
2 jam 43 menit lalu
    Bagikan  
Perjalanan Panjang Tiga Pesawat Glider Jateng Sampai ke Aceh Utara

GLIDER: Tiga pesawat glider milik Jawa Tengah sebelum dikemas ke dalam kontiner. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Tiga pesawat glider milik cabang olahraga terbang layang Jawa Tengah yang akan berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024 bulan September mendatang, melalui perjalanan panjang untuk sampai di tujuan. Tim Terla Jateng sendiri akan membawa dua pesawat glider single seat dan satu pesawat glider duel seat. Tiga pesawat tersebut akan dikemas dengan kontainer khusus yang sudah dimodifikasi.

Ketua Pordirga Terbang Layang Jateng Dewi Saryaningsih kepada heloindonesia.com, Kamis (8/8/2024) menjelaskan liku-liku membawa tiga pesawat glider ke venue pertandingan yang berlokasi di Aceh Utara. Namun demikian, Dewi mengatakan hal itu sudah menjadi konsekuensi karena cabang olahraga terbang layang termasuk spesifik.

Diungkapkan Dewi, saat ini tiga pesawat glider sudah dikemas dan masih berada di Lapter Kalijadi, Kabupaten Subang. Direncanakan akan masuk kontiner untuk selanjutnya di bawa ke pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta akan menuju ke Pelabuhan Belawan Sumatera Utara. Dari Belalawan akan melakukan perjalanan darat menuju Aceh Utara.

Diprediksi sampai ke Aceh Utara tanggal 24 Agustus 2024. Begitu sampai di Aceh Utara, tiga pesawat glider akan dirakit oleh tim teknis yang akan berangkat dari Semarang pada tanggal 24 Agustus 2024. Setelah perakitan selesai akan dilakukan test flight terlebih dahulu.

Adaptasi

“Kami akan melakukan adaptasi terlebih dahulu, itulah sebabnya tim Terla Jateng akan berangkat ke Aceh Utara seminggu sebelum pertandingan dimulai. Hal ini, selain untuk adaptasi juga aka nada latihan resmi seluruh tim terbang layang peserta PON XXI Aceh-Sumut,’’ papar Dewi.

Dewi juga membenarkan, pihaknya sudah menugaskan tim pemantau untuk mengantisipasi hal teknis dan nonteknis selama pertandingan di Aceh Utara. Tim pemantau sudah memberikan banyak informasi melalui pelatih Bido Angkasa.

Ketua Pordirga Terbang Layang Jateng yang juga menjadi atlet andalan tim Terla Jateng menjelaskan, dengan mengirimkan tim pemantau ke Aceh Utara juga untuk mengantisipasi hal lain. ‘’Kebetulan secara pribadi saya juga mendapatkan informasi dari adik saya di sana. Kecepatan anginnya berubah-ubah sehingga perlu perhatian khusus.

Cabang olahraga terbang layang akan melaksanakan pertandingan di PON XXI Aceh-Sumut, mulai 6-17 September 2024. Tim Terlalu Jateng akan berkekuatan enam atlet hasil dari babak kualifikasi PON XXI.

Berikut nama-nama atlet cabor Terla Jateng:

  1. Sugiyanto
  2. Nurohman
  3. Dewi Saryaningsih
  4. Adhinta Surya Putra
  5. Siti Marwiah
  6. Navietri Arum Wardani

Pelatih:

  1. Bido Angkasa
  2. Maky Hanindyawan

Manajer Tim:

Teddy Endra Prabawa. (ADE)