bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024 Diikuti 1.430 Racer, Nana Berharap Ekonomi Tumbuh

Ajie - Olahraga
Minggu, 4 Agustus 2024 20:43
    Bagikan  
Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024 Diikuti 1.430 Racer, Nana Berharap Ekonomi Tumbuh

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana melepas peserta Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024. Foto: jatengprov.go.id

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Usai menggeber sembilan event Sport Tourism Event (Specta) dengan beragam cabang olahraga (cabor), kali ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024.

Baca juga: Tim PkM USM Beri Pelatihan Penyusunan Profil Desa Sembojo dan Posong

Kompetisi yang diselenggarakan di Lapangan Tembak Kodam IV/Diponegoro, Sigar Bencah, Semarang pada 3-4 Agustus 2024 itu, disambut antusisme peserta dan pengunjung.

Setidaknya sebanyak 1.430 orang racer memeriahkan perhelatan tersebut. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain DKI Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Alhamdulillah pelaksanaan offroad hari ini berjalan cukup meriah, diikuti sekitar 1.430 racer,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, seusai sambutan pada acara Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge, Minggu 4 Agustus 2024.

Baca juga: Motor Wartawan Baru Lunas, Raib Setelah Mudik Pemakaman Orangtuanya

Ditambahkan, kompetisi offroad tersebut mempertandingkan lima nomor, yakni special competition stage roda 4, country road roda 4, adventure roda 2, adventure roda 4, serta remote control.

Para racer yang bertanding memperebutkan trofi Gubernur Jateng, dan tiket kejurnas seri 1 Indonesia Offroad Federation (IOF).

Sejumlah atlet nasional juga turut ambil bagian dalam event ini. Mereka adalah Dr Jack dari NTB, Memen Harianto dari DKI, Joko Permana dari DKI, dan Wahyu Lamban dari Yogyakarta.

“Jadi cukup seru ya, karena ini menantang alam, lokasi ini merupakan daerah perbukitan yang sangat menantang, sehingga ini suatu tantangan bagi para racer, dan diperlombakan ini untuk tingkat racer daerah dan racer nasional,” kata Nana, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Baca juga: Sambut Hari Kemerdekaan, Ribuan Warga Bersholawat di Alun-alun Purbalingga

Nana berharap, dari penyelenggaraan kompetisi itu, akan meningkatkan kualitas para atlet dari amatir menuju profesional.

Selain itu, harap dia, dengan beragam event sport tourism, Jateng dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak potensi wisata unggulan.

Menurut Nana, ketika Jateng semakin banyak dikenal, maka UMKM dan ekonomi kreatifnya pun semakin tumbuh. Tak pelak, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin baik.

Sementara itu, Ketua umum IOF, Sam Budigusdian mengaku, menyambut positif Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024 yang digelar Pemprov Jateng.

Menurutnya, upaya Pemprov Jateng dalam membumikan sport tourism berbasis komunitas benar-benar terwujud. Apalagi, komunitas offroader ini merupakan komunitas besar, yang memang perlu dipelihara dengan baik.

Baca juga: Rifa’iyah Kabupaten Demak Harus Bisa Dukung Pembangunan Daerah

“Mudah-mudahan dari Jawa Tengah ini, provinsi-provinsi lain mengikuti pola-pola yang dikembangkan, salah satunya menggelar event sport tourism berbasis komunitas,” harapnya.

Event Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024, imbuhnya, seperti mata air bagi para penggiat sport tourism berbasis komunitas, setelah wabah Covid-19 memaksa untuk menghentikan semua kegiatan.

“Terima kasih sekali lagi pada jajaran Provinsi Jawa Tengah, Pak Pj Nana Sudjana dengan Pak Pangdam, yang memberikan fasilitas tempat bermain yang begitu indah di 200 hektare lahan milik Kodam,” tambahnya. (Aji)