bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Hadapi PON, Kodrat Jateng Undang Perguruan Pusat Matangkan Teknik Petarung Derajat

Ajie - Olahraga
Minggu, 4 Agustus 2024 07:20
    Bagikan  
Hadapi PON, Kodrat Jateng Undang Perguruan Pusat Matangkan Teknik Petarung Derajat

Salah satu petarung derajat Pelatda Jateng untuk PON 2024 memperagakan gerakan.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Tengah terus mempersiapkan atletnya untuk menghadapi PON XXI Aceh-Sumut, September 2024.

Manajer tim pelatda tarung derajat untuk PON XXI, Ipang Setiawan mengungkapkan, saat ini pemusatan latihan dilakukan di Kota Semarang setelah sebelumnya melalui beberapa program TC di Yogyakarta, Bandung, dan Malang.

"Kami juga mengundang perguruan pusat untuk menambah kedalaman teknik anak-anak selama tiga hari pertama dan tiga hari kedua. Untuk saat ini tahapan pematangan sudah dalam kondisi puncak pada para atlet baik seni maupun tarung," ujar Ipang, Sabtu 3 Agustus 2024.

Baca juga: Mbak Ita Berharap Padi Varietas Biosalin Mensejahterakan Masyarakat Pesisir

Cabor tarung derajat masuk dalam unggulan dua KONI Jawa Tengah untuk menyabet paling sedikit dua emas di PON XXI mendatang.

Disisi lain, Kodrat Jateng juga ingin memperbaiki reputasinya di pentas multievent tertinggi nasional itu dengan kembali mengoleksi medali emas.

Pasalnya, pada PON Papua 2021 lalu, Kodrat Jateng gagal meraih emas.

Upaya serius dilakukan Kodrat Jateng dengan memulai TC mandiri sejak awal Februari lalu.

"Kita sudah memaintenance, pemantapan khusus, pemantapan teknik dan sudah menuju puncak performance saat ini. Jadi kondisinya, untuk mematangkan masing-masing kelebihan mereka," jelasnya.

Optimistis

Ipang mengaku optimistus Kodrat Jateng akan tampil lebih baik di PON XXI nanti dibanding dengan pelaksanaan PON sebelumnya. Pasalnya, Kodrat Jateng berhasil meraih juara kedua dengan koleksi empat emas di ajang babak kualifikasi PON tahun lalu.

Menghadapi PON XXI, Ipang mengatakan pihaknya menyiapkan 19 atlet yang disiapkan di nomor-nomor yang akan dipertandingkan.

Baca juga: Puji Pj Gubernur dan Kapolda Jateng untuk Komjen Pol Ahmad Luthfi

Soal kondisi fisik, Ipang menegaskan para atlet Kodrat Jateng saat ini dalam kondisi yang bagus dan siap bertanding di PON XXI yang sudah semakin dekat.

"Untuk menjaga kondisi fisik ini menuju PON, tentu banyak unsur yang harus kita perhatikan meliputi dari unsur kecepatan, kekuatan, dan daya tahan dan ini sudah dalam kondisi yang baik. Secara hasil tes VO2Max juga sudah memenuhi kriteria dari seorang atlet tarung derajat," ujarnya.

Dibagian lain, Kodrat Jateng juga mendapat dukungan yang baik dari KONI Jateng selama program Pelatda sentralisasi berlangsung.

Beberapa hal yang disampaikan pada saat tim monitoring evaluasi KONI Jateng datang memantau TC Kodrat Jateng beberapa waktu lalu juga direspons dengan baik. (Aji)