Helo Indonesia

Menpora Dito Ariotedjo Buka Kejuaraan Tarkam FOP di Kendal, Ini Programnya

Ade - Olahraga
Minggu, 14 Juli 2024 16:56
    Bagikan  
Menpora Dito Ariotedjo Buka Kejuaraan Tarkam FOP di Kendal, Ini Programnya

TARKAM: Menteri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo (rompi kuning) saat membuka Kejuaraan Tarkam FOP di Kabupaten Kendal. Foto: Anik

KENDAL,HELOINDONESIA.COM - Menteri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau yang biasa disapa Dito Ariotedjo membukan secara resmi kejuaraan Antar Kampung (Tarkam), Festival Olahraga Pelajar (FOP) dan Komunitas Festival di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Minggu (14/7/2024).

Kegiatan diawali dengan senam sehat bersama, dilanjutkan dengan defile dari 20 kecamatan peserta kontingen, diselingi penampilan tari opak abang serta perpaduan dance modern dan tradisional dari para pemuda di Kabupaten Kendal.

Dito Ariotedjo mengaku bangga, Kemenpora RI bisa membawa tiga program sekaligus kolaborasi pemuda dan olahraga di Kabupaten Kendal. Menurutnya Kabupaten Kendal memiliki banyak sekali potensi generasi emas yang akan menjadi masa depan Indonesia.

"Kegiatannya lengkap sekali dari tingkat SD hingga senior ada. Dimana tadi kita lihat ada festival olahraga pendidikan itu yang memberikan dasar bagi siswa SD bagaimana kerjasama, dan juga dasar-dasar atletik," terang Menpora.

Kejuaraan Tarkam

Kemudian, lanjut Menpora, ada juga kejuaraan tarkam yang terdiri dari olahraga voli, badminton, senam dan lainnya. Dengan tujuan mencari bibit-bibit atlet berpotensi yang nantinya dapat dibina hingga tingkat nasional.

"Pesertanya antar desa, antar kampung, yang usianya lebih senior. Memperebutkan Piala Kemenpora. Dan ada komunitas fest dimana ini adalah wadah yang akan kita ingin mendorong dan memajukan anak muda melalui komunitas yang ada di Kendal," tandasnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan tiga program kegiatan Kemenpora ini merupakan wujud kolaborasi Kemenpora dan Pemkab Kendal guna mendukung terwujudnya generasi emas, bukan generasi cemas melalui aktivitas fisik dan komunitas.

"Jadi komunitas-komunitas yang selama ini belum diperhatikan oleh pemerintah, Alhamdulillah dengan adanya inovasi dari Mas Menteri semuanya terfasilitasi," ujar Bupati

Anak Muda

Dirinya berharap, semakin anak muda yang dilubatkan dalam berbagai kegiatan karena menurutnya anak muda merupakan kekuatan yang harus kita perhatikan untuk membangun kualitas sumberdaya manusia jadi lebih baik lagi.

Sebelumnya, Sekda Kendal Sugiono dalam sambutannya mengatakan kejuaraan tarkam diikuti 20 kecamatan di Kabupaten Kendal. Terdiri dari pelajar dan masyarakat umum dengan rincian, peserta lari cepat 40 orang, voli 19 tim putra dan 11 tim putri, bulu tangkis 12 regu, serta senam 20 tim.

"Kemudian, festival olahraga pendidikan terdiri dari pelajar tingkat SD hingga SMA sederajat dan guru pendamping sejumlah 1.100 orang. Dan komunitas fest terdiri dari 30 komunitas," beber Sekda Kendal. (Anik).