Helo Indonesia

Akhirnya Bonus Porprov Atlet Kendal Cair, Peraih Perunggu Masih Menunggu

Ade - Olahraga
Rabu, 19 Juni 2024 18:03
    Bagikan  
Akhirnya Bonus Porprov Atlet Kendal Cair, Peraih Perunggu Masih Menunggu

BONUS: Sekda Kendal, Sugiono (kelima dari kiri) didampingi Ketua Umum KONI Kendal Subur Isnadi (keempat dari kiri) saat menyerahkan bonus kepada atlet dan pelatih Kendal yang berjuang di Porprov XVI 2023 lalu. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -Wajah-wajah sumringah terlihat jelas di raut wajah atlet-atlet Kabupaten Kendal, Rabu (19/6/2024) siang. Hari yang sangat ditunggu-tunggu, hasil perjuangan keras mereka di Porprov XVI 2023 akhirnya terbayarkan. Pemkab Kendal akhirnya mencairkan bonus yang telah dijanjikan kepada duta-duta olahraga terbaik Kabupaten Kendal.

Walaupun, bonus yang cair dari Pemkab Kendal baru untuk peraih medali emas dan perak.Total anggaran yang seyogyanya sebesar Rp 7,5 miliar baru terealisasi Rp 5,1 miliar yang dibagikan kepada 105 atlet dan 23 pelatih peraih medali emas dan perak pada Porprov 2023 lalu.

Adapun rinciannya, 17 atlet peraih medali emas perorangan masing-masing mendapatkan Rp 50 juta, peraih perak 21 atlet masing-masing menerima Rp 30 juta. Atlet peraih medali beregu, emas 35 orang mendapatkan Rp 25 juta dan perak 64 orang masing-masing Rp15 juta.

Kemudian pelatih medali perorangan emas 17 medali masing-masing Rp 40 juta dan perak 21 medali masing-masing Rp 20 juta. Serta pelatih medali beregu emas 5 regu Rp 45 juta per-regu dan perak 10 regu Rp 35 juta per-regu.

Anggaran

Kepala Dinas Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar)  Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid menjelaskan, kebutuhan anggaran untuk penghargaan kepada para atlet berprestasi ini sebesar Rp 7,5 yang terdiri dari pemberian hadian untuk atlet dan pelatih juara 1, 2 dan 3 Porprov 2023 Rp 6,89 miliar. Serta pemberian bonus untuk atlet dan pelatih juara 1, 2 dan 3 Pepaprov 2023 Rp 660 juta.

"Pemkab hari ini memberikan untuk juara satu dan dua. Pemberian penghargaan ini telah teralokasikan dari anggaraan APBD 2024 sebesar Rp 5,1 milliar. Adapun kebutuhan anggaran yang akan kita berikan secara keseluruhan sebesar Rp 7,5 miliar," ungkapnya.

Sementara, lanjut Ircham, untuk penghargaan atlet dan pelatih perorangan maupun beregu juara tiga atau perolehan perunggu serta atlet dan pelatih juara 1, 2 dan 3 atau peraih medali emas, perak dan perunggu pada Pepaprov IV akan diberikan pada tahun anggaran 2024 melalui APBD Perubahan tahun 2024.

Ketua Umum KONI Kendal, Subur Isnadi mengatakan, keterlambatan pemberian hadiah ini dimaklumi para atlet dan pelatih. Lantaran prosesnya harus sesuai dengan regulasi yang ada.

Regulasi

"Memang regulasinya seperti itu. Saya kira atlet juga memahami adanya keterlambatan tersebut. Kita masih syukuri, karena ada beberapa daerah lain yang karena kondisi keuangan daerah melakukan revisi dari penghargaan yang disepakati. Apapun yang terjadi hari ini Kendal luar biasa," ungkapnya.

Sementara Sekda Kendal, Sugiono menyampaikan, penghargaan diberikan kepada para atlet berprestasi yang telah membawa Kabupaten Kendal meraih  peringkat 12 dari 35 Kabupaten/Kota  se-Jawa Tengah pada Porprov XVI 2023 lalu.

Hal ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. Alhamdulillah kita syukuri, harapannya tahun 2026 pada penyelenggaraan Porprov di Semarang Raya nanti kita bisa masuk lima besar," katanya.

Ia berharap melalui penghargaan yang diberikan dapat memotivasi para atlet dan pelatih agar semangat berlatih juga sebagai persiapan untuk event Porprov XVII Tahun 2026 di Semarang Raya.

"Kepada atlet dan pelatih peraih medali Perunggu, yang belum menerima penghargaan hari ini. Jangan berkecil hati, Insya Allah akan kita optimalkan pada anggaran berikutnya, di perubahan APBD tahun 2024 atau APBD 2025," tutup Sekda Kendal.(Anik)