Helo Indonesia

KONI Ingatkan Woodball Jateng agar Kuasai Kontur Lapangan untuk PON

Ajie - Olahraga
Rabu, 29 Mei 2024 12:31
    Bagikan  
KONI Ingatkan Woodball Jateng agar Kuasai Kontur Lapangan untuk PON

Tim Monev KONI Jateng saat berpose dengan atlet, pelatih dan pengurus IWbA. Para atlet woodball saat menjalani pelatda PON

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pengprov Indonesia Woodball Association (IWbA) Jateng didorong agar cabang olahraga woodball menyumbangkan lebih dari satu medali emas pada gelaran PON XXI Aceh Sumut 2024, September mendatang.

Dorongan itu disampaikan Wakabid III Binpres KONI Jateng Rudy Dwi Tjahyanto yang didampingi Wasekum I KONI Jateng Atang Tridjoko ketika melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Pelatda Woodball Jateng di lapangan BPSDMD Prov Jateng Srondol Semarang, Selasa 28 Mei 2024.

Baca juga: Nyaman Latihan, Atlet Petanque Jateng Termotivasi Sapu Bersih Emas PON 2024

Rudy menjelaskan meskipun KONI Jateng hanya targetkan satu emas di pesta olahraga empat tahunan tersebut, namun melihat prestasi atlet pelatda woodball Jateng yang sering ikut even internasional dan mendapatkan juara, pihaknya yakin woodball Jateng bisa memenuhi target tersebut.

woodball2

‘’Woodball memang menjadi unggulan 3 A yakni target 1 emas, tapi woodball Jateng mengatakan bisa dapatkan lebih. Dan kami melihat beberapa atletnya yang ikut even luar negeri juga juara. Harapannya di PON Aceh bisa ukir prestasi yang sama seperti ketika ikut even luar,’’jelasnya.

KONI Jateng juga berharap penguasaan lapangan sangat penting untuk atlet woodball Jateng ketika bertanding nanti. Bila perlu atlet berlatih di lapangan dengan kontur yang hampir sama dengan venue woodball di Aceh.

‘’Terpenting atlet woodball bisa menguasai lapangan, karena setiap lapangan mempunyai karakter berbeda-beda. Kalau masalah teknik dan fisik saya kira tidak masalah. Bila perlu peninjauan venue woodball PON yang berada di Aceh,’’harapnya.

Dua Emas

Sedangkan Ketua Umum Pengprov IWbA Jateng Ardhana Arifianto yang mendampingi tim monev bertekad akan memberikan medali lebih dari yang ditargetkan KONI Jateng yakni satu emas.

‘’Insya Allah kami target dua medali emas dari nomor tim putri dan single stroke putra,’’jelasnya.

Woodball Jateng telah melakukan Pelatda sentralisasi yang diikuti 16 atlet yang terdiri dari delapan putra, delapan putri. Nantinya 16 atlet akan turun di tujuh nomor yang dipertandingkan pada PON XXI Aceh Sumut 2024.

‘’Alhamdullilah pada Pra PON kita lolos tujuh nomor yang dipertandingkan dan juga kita mendapat satu emas, tiga perak, dan dua perunggu. Kami juga senang dan terima kasih sudah ditinjau oleh tim monev KONI Jateng. Dukungan KONI Jateng sangat bagus,’’kata Ardhana yang juga Manajer Pelatda woodball Jateng ini.

Baca juga: Prodi S1-Ilmu Hukum Capai Akreditasi Unggul dari BAN-PT, USM Gelar Syukuran

Selain itu rencananya atlet woodball juga akan mengikuti even nasional yakni Juni di Solo, dan Juli di Tangerang Selatan Banten. Ardhana menegaskan even jelang PON tersebut penting untuk melihat sejauh mana hasil dan kekurangan atletnya selama pelatda ini.

Sementara itu pelatih woodball Jateng Kriswantoro mengakui masalah lapangan untuk latihan menjadi kendala. Apalagi sentralisasi yang awalnya Mei digelar di Lapangan BR harus pindah ke Lapangan BPSDMD Prov Jateng Srondol.

‘’Karena BR untuk latihan prajurit yang akan berangkat ke Papua, kami dikabari dadakan dan harus terpaksa pindah ke Diklat Srondol (BPSDMD) Mei sampai Juli. Tapi cabor panahan Jateng Agustus juga akan memakai lapangan Diklat ini secara penuh. Mungkin bisa memakai lapangan Tri Lomba Juang dan ini bisa kita siasati, dan Insya Allah ada jalan,’’ tandasnya. (Aji)