Helo Indonesia

Kejuaraan Atletik Difabel Terbuka, Upaya Jateng Munculkan Bibit Atlet Baru

Ajie - Olahraga
Sabtu, 18 Mei 2024 20:11
    Bagikan  
Kejuaraan Atletik Difabel Terbuka, Upaya Jateng Munculkan Bibit Atlet Baru

Salah satu atlet saat mengikuti nomor lompat jauh di Kejuaraan Atletik Difabel Terbuka di Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - 106 atlet difabel dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah mengikuti Kejuaraan Atletik Difabel Terbuka Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 yang digelar Nasional Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kabupaten Kendal, di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Sabtu 18 Mei 2024.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid mewakili Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat membuka acara berharap melalui kejuaraan ini diharapkan dapat terus memunculkan atlet-atlet difabel berprestasi melalui pembinaan yang berkesinambungan.

"Tingkatkan kolaborasi mengembangkan olahraga disabilitas dengan penuh respek, junjung sportivitas dan eratkan persaudaraan, teruslah bersemangat, percaya diri dan berprestasi," ujarnya.

Baca juga: Tim Sepatu Roda Jateng Optimalkan Pelatda dan Try Out untuk Rebut Dua Emas PON 2024

Ircham menyebut, ajang pertandingan olahraga disabiltas (Paralympic), bukan hanya sekedar berbicara tentang competition rules, melainkan juga berbicara mengenai respect atau rasa hormat.

"Melalui ajang seperti ini bagaimana kita menumbuhkan respect kepada saudara kita difabel terutama para atlet," tandas Ircham.\

Bibit Baru

Ketua Umum NPCI Kendal, Ali Rohmat menjelaskan, kejuaraan ini menjadi salah satu upaya untuk mencari bibit baru atlet difabel. Terlebih menurutnya, di Kabupaten Kendal dinilai masih kekurangan atlet difabel.

"Jujur di Kabupaten Kendal kita masih kekurangan atlet disabilitas. Kemudian yang kedua untuk ajang sparing untuk menghadapi Paperda (Pekan Paralimpyc Daerah) Jawa Tengah pada Agustus mendatang," terang Ali.

Baca juga: Mengenal Sosok Nayla, Pemeran Vina Sebelum 7 Hari yang Dibilang Mirip Aslinya

Namun demikian, menurutnya Kabupaten Kendal patut berbangga karena telah memiliki dua atlet difabel internasional. Yakni Muhammad Dimas Ubaidillah dan Tiara Hanum Kembang Joyo yang trlah menyumbangkan perak untuk Indonesia pada Asean Para Games 2022 di Surakarta.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Ganis Tri Martono berharap kejuaraan atletik difabel ini dapat menjadi wadah untuk regenerasi atlet disabilitas di Kabupaten Kendal agar lebih berprestasi ditingkat nasional hingga internasional.

"Tujuan kami adalah penggalian potensi. Karena Kabupaten Kendal memiliki potensi atlet yang luar biasa tapi butuh regenerasi. Maka dari itu kami coba membuat event seperti ini agar adik-adik bisa mengikuti jejak kakak-kakaknya," bebernya.

Baca juga: Drama Korea The Escape of The Seven: Resurrection Ep 16 Sub Indo

Dipaparkan dia, kejuaraan diikuti oleh 106 atlet dari 15 kontingen kabupaten/kota dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Jawa Tengah.

"Atletnya terdiri dari tuna grahita, tuna netra, tuna daksa dan tuna rungu wicara. Kemudian cabang yang dilombakan yaitu lari 100 meter, lompat jauh dan tolak peluru," terang Ganis. (Anik)