Helo Indonesia

Atletik Jateng Optimistis Raih Tiga Emas, 26 Atlet Jalani Pelatda Sentralisasi

Ade - Olahraga
Selasa, 14 Mei 2024 06:24
    Bagikan  
Atletik Jateng Optimistis Raih Tiga Emas, 26 Atlet Jalani Pelatda Sentralisasi

MONEV: Ketua Umum Pengprov PASI Jateng Dr Rumini MPd (kanan) saat mendampingi Wakil Ketua Umum IV KONI Jateng Amir Machmud NS (rompi merah) dan tim Monev KONI Jateng yang melakukan kunjungan di pelatda sentralisasi cabor atletik. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Cabang olahraga (cabor) atletik Jawa Tengah optimistis memenuhi target tiga medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, medio September 2024. KONI Jateng memang menargetkan cabor atletik Jateng mendulang tiga medali emas, sama seperti hasil di PON Papua 2021 lalu.

Persiapan matang yang telah dijalani, termasuk pemusatan latihan sentralisasi menjadi dasar optimisme bisa meraih target tiga medali emas.  “Hari ini semua atlet menjalani pelatda sentralisasi di Semarang. Sebelumnya mereka berlatih terpencar di Salatiga, Solo, Magelang, dan Lapangan Tri Lomba Juang,” jelas Ketua Umum Pengprov PASI Jateng Dr Rumini MPd, di Lapangan Atletik Unnes, Gunungpati, Senin (13/5/2023) petang.

Kemarin, pelatda sentralisasi cabor atletik mendapatkan kunjungan dari Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) KONI Jateng yang dipimpin Wakil Ketua Umum IV Amir Machmud NS, Uen Hartiwan (Wakil Ketua 1 Bidang Organisasi), dan Mayor (purn) Budi Leksono (Wakil Ketua 1 Bidang Binpres).

Di hadapan Tim Monev KONI Jateng, Rumini menjelaskan, atletik meloloskan 31 atlet, sementara dari kuota KONI Jateng hanya 22 atlet untuk PON Aceh Sumut.  “Kuota 22 atlet, namun saat ini PASI Jateng mempelatdakan 26 atlet untuk persiapan PON Aceh Sumut,” katanya.

Tiga Emas                            

Target tiga emas di PON Aceh Sumut dibidik dari nomor tolak peluru putra atas nama atlet Irfan Tony Saputro, lempar cakram putri dari atlet Wahyu Nuraini, dan lempar lembing putri atas nama Attina Nur Khamila.

Sekadar informasi, Attina Nur Khamila adalah peraih medali emas PON XX Papua 2021 dengan lemparan sejauh 51,26 meter. Lemparan tersebut sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Ni Ketut Mudiani (Bali) 47,70 meter pada 27 Juni 2000.

Rumini menambahkan, dalam waktu dekat ini cabor atletik akan melalukan try out ke Jawa Timur untuk mengikuti Jatim Open dengan kekuatan 26 atlet. “Kondisi fisik dan mentalitas atlet sudah siap. Kami akan try out mengikuti Jatim Open selama empat hari dan berkekuatan full team 26 atlet. Ini sekaligus sebagai ajang pemanasan menjelang PON Aceh Sumut,” tandas Rumini.

Sementara itu, Manajer Atletik, Siswanto menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada KONI Jateng yang memperhatikan kebutuhan atlet selama pelatda.  “Dukungan dari KONI Jateng sangat luar biasa. Kami tanpa henti berkomunikasi dengan pengurus untuk kebutuhan atlet hingga kondisi Kesehatan untuk menunjang performa optimal selama latihan,” tuturnya.

Dia berharap dengan dukungan KONI Jateng, tim atletik Jateng dapat bertanding tanpa hambatan dan meraih prestasi terbaik di PON Aceh-Sumut serta melampaui target yang diberikan KONI Jateng, yakni tiga medali emas.

Optimisme

Wakil Ketua Umum IV, Amir Machmud menguraikan, perjalanan tim atletik Jawa Tengah menuju PON Aceh Sumut penuh dengan dedikasi, kerja keras, dan optimisme. “Kekompakan dan kerja sama yang solid menjadi ciri khas tim atletik Jateng, dan hal ini sangatlah penting untuk menyelesaikan Pelatda PON Aceh-Sumut dengan baik,” terangnya.

Amir Machmud tampak semringah melihat kekompakan atlet dan tim pelatih saat pelatda sentralisasi yang akan membawa manfaat besar dalam mencapai target dan mengharumkan nama Jawa Tengah di kancah nasional. “Dari hasil evaluasi, semuanya berjalan dengan baik dan tinggal fokus untuk mencapai puncak performa di PON Jateng,” ucap Amir Machmud. (ADE)