bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Punya Kantor Baru, Hayono Isman Minta KORMI Jateng Jadi Pelopor Terciptanya SDM Unggul

Ajie - Olahraga
Sabtu, 4 Mei 2024 08:15
    Bagikan  
Punya Kantor Baru, Hayono Isman Minta KORMI Jateng Jadi Pelopor Terciptanya SDM Unggul

Kadispora Jateng Agung Hariyadi, Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman, Ketua FORMI Jateng Rr Maria Tri Mangesti saat mengunjungi kantor baru

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Tengah, resmi menempati kantor barunya yang berada di komplek Gelora Jatidiri, Kota Semarang, pada Jumat 3 Mei 2024. Peresmian dilakukan Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi mewakili Pj Gubernur Jateng, disaksikan Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman.

Pada kesempatan tersebut, Hayono Isman meminta kepada KORMI Jateng di bawah kepemimpinan Rr Maria Tri Mangesti, dengan adanya kantor baru yang representatif tersebut, Jateng bisa menjadi pelopor kebangkitan olahraga masyarakat untuk terwujudnya SDM unggul.

Baca juga: Voli Proliga, Kemenangan Bhayangkara Presisi Atas Pertamina Pertamax 3-1 Bawa Angin Positif

"Pertama, selamat kepada KORMI Jateng atas peresmian kantor baru. Luar biasa, saya melihat ke dalam, mungkin menjadi kantor KORMI terbaik se-Indonesia. Saatnya saya minta menjadi pelopor terciptanya  SDM unggul yang sehat dan bugar," kata mantan Menpora itu.

Dalam kesempatan itu, Hayono yang mantan Menpora itu menyoroti berbagai tantangan olahraga nasional. Misalnya Sport Development Index atau Indeks Pembangunan Olahraga yang masih rendah padahal ingin mencapai Indonesia Emas 2045, lalu prestasi olahraga nasional yang terkesan stagnan di tataran dunia.

''Saya melihat bukan karena KONI-nya yang salah, gubernur atau bupati, tapi karena budaya olahraga masyarakat untuk membangun fisik bugar dan mental juara yang belum ditingkatkan secara massal dan masif. Saya ingin KORMI Jateng bisa masif budayakan olahraga masyarakat untuk SDM unggul menuju Indonesia Emas,'' tambahnya.

Mainka Peran

Hadir dalam kesempatan itu, hadir Kepala Kesbangol Jateng Haerudin, Wakil Ketua Umum I KONI Jateng Bambang Raharjo Munadjat, Wakil Ketua Umum II KORMI Jateng Asfirla Harisanto alias Bogi, mantan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, jajaran pengurus Induk Organisasi Olahraga (Inorga) KORMI, serta para mitra.

Baca juga: Mbak Ita dan Chef Bobon Masak Besar, 477 Porsi Nasi Goreng Semarangan Terhidang

Sementara itu, Kadisporapar Jateng Agung Hariyadi mengatakan, KORMI makin menunjukkan perannya agar olahraga menjadi budaya sehingga masyarakat menjadi sehat dan bugar.

''KORMI juga berperan dari sisi ekonomi. Dengan adanya event, penonton, maka akan muncul UMKM dan industri olahraga. Olahraga masyarakat juga meng-create sebuah produk yang bisa dikembangkan,'' tambahnya.

Dalam sambutannya, Maria mengatakan, saat ini KORMI memiliki 52 Inorga yang tergabung, dengan dua tipe keanggotaan, yaitu keanggotaan penuh sebanyak 40 Inorga dan 12 Inorga yang baru terdaftar.

Maria berharap bahwa gedung ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat koordinasi dari Inorga.

"Gedung baru ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat koordinasi Inorga" ujarnya

Menurut Maria, dengan peresmian kantor baru ini, KORMI juga telah hadir di 32 Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah. Namun, masih ada 3 kabupaten yang belum terbentuk, yaitu Purworejo, Purbalingga, dan Banjarnegara.

"Tahun ini kemungkinan akan terbentuk KORMI untuk ketiga kabupaten tersebut," tambah  Maria. (Aji)