bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Masih Disegani di Tataran Nasional, Muaythai Jateng Bidik Minimal 2 Emas PON

Ajie - Olahraga
Senin, 22 April 2024 20:17
    Bagikan  
Masih Disegani di Tataran Nasional, Muaythai Jateng Bidik Minimal 2 Emas PON

Tim pelatda muaythai Jateng saat menjalani tes fisik di Stadion Jatidiri Semarang beberapa waktu lalu

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pengurus Provinsi Muaythai Indonesia (MI) Jawa Tengah memanggil 10 atlet terbaiknya untuk menjalani Pelatda desentralisasi dan sentralisasi untuk proyeksi PON XXI 2024 Aceh-Sumut, September mendatang.

Pelatda muaythay bakal dipusatkan di dua kota, yaitu Kota Semarang dan Surakarta.
Ketua Harian Pengprov MI Jateng Catur Puji Santoso mengatakan, para atlet saat ini menjalani Pelatda dengan mendapatkan sentuhan dari tiga pelatih dengan jam terbang tinggi.

Disinggung soal target di PON XXI? Catur yang juga manajer tim PON itu menandaskan, MI Jateng mematok minimal dua medali emas, meskipun pada PON Papua mampu menggenggam tiga emas.

Baca juga: Genjot Sport Tourism di Jawa Tengah, Pj Gubernur Luncurkan Specta 2024

Alasannya, berdasarkan hasil kualifikasi PON, sejumlah atlet andalannya yang diharapkan mampu menorehkan prestasi justru kandas. Target dua emas, syukur-syukur bisa menyamai perolehan PON sebelumnya, adalah hal yang realistis.

Dua emas itu diiprediksi dari nomor -71 kg putra, -51 kg putri dan tak menutup kemungkinan -63,5 kg putra atau -60 kg putri.

Lanjut Catur , saat ini kekuatan Muaythai di nasional cukup merata terlihat dari hasil Pra-PON. Untuk itu persiapan yang matang diperlukan pengprov untuk meraih prestasi. Jateng sendiri meloloskan tujuh nomor dari 21 nomor yang dipertandingkan di PON.

Baca juga: Lina Senang Bisa Halalbihalal Bersama MH USM Meski lewat Online dari Singapura

"Saat ini kekuatan cabor Muaythai di Indonesia sangat merata,seperti Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI yang mendominasi pada Babak Kualifikasi PON. Tapi kami optimistis, Jateng masih bisa disegani di tataran nasional," kata Catur.

Soal program try out, Catur menyebut pihaknya tetap akan beruji coba di provinsi lain, atau mengikuti event yang digelar PB MI pada Juli mendatang.
"Dengan pertimbangan pelaksanaan yang dekat,jadi para atlet tidak menggelar try out keluar negeri. Tetapi lebih fokus saat latihan di daerah atau mengikuti event yang diadakan PB MI," imbuhnya.

Sementara dalam pelatda muaythai jajaran pengurus dan pelatih sepakat masih memberlakukan promosi degradasi atlet. Agar di PON Jateng diwakili atlet yang benar benar siap dan berpeluang meraih medali di PON. Selekda terakhir digelar pada Juni bersamaan dengan kejurprov.

Tim Pelatda PON Muaythai Jateng:

ATLET
1. Jalu Aji Darma Suseno P (Putra/Grobogan)
2. Nur Indah Puspita Sari (Putri/Banyumas)
3. Jovan Fernando (Pa/Kota Semarang)
4 .Irvan Aji Maulana (Pa/ Grobogan)
5. Tiara Permana Putri (Pi/Grobogan)
6. Galung Dewi Rahayu Cantika (Pi/Kota Semarang)
7. Aura Mutiara Rammadhani (Pi/ Kota Salatiga)
8.Ririn Yuniasih (Pi/Cilacap)
9. Ovita Duane Umaazalia (Pi/Kota Semarang)
10. Dita Dwi Almira (Pi/Kab Semarang)

PELATIH
1. Yusuf Susilo (Kota Salatiga)
2.Frans Charles Yarangga (Kota Semarang)
3.Dwijo Purwanto (Asisten/Grobogan)

(Aji)