Helo Indonesia

PASI Jateng Kirim Enam Atlet untuk Digembleng di Thailand

Ajie - Olahraga
Minggu, 25 Februari 2024 07:59
    Bagikan  
PASI Jateng Kirim Enam Atlet untuk Digembleng di Thailand

Ketua Umum PASI Jateng Rumini saat dilantik oleh PB PASI

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Jawa Tengah siap mengirimkan enam atlet untuk berlatih di Thailand guna menghadapi PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Ketua Umum Pengprov PASI Jateng Rumini, usai pelantikan pengurus PASI Jateng periode 2023-2027 di Semarang, Sabtu, 24 Februari 2024 mengatakan, para atlet yang menjadi adalah atlet yang berpeluang meraih medali di PON mendatang.

Mereka, lanjut Rumini yang juga mantan atlet Sapta Lomba tersebut, akan digembleng di Thailand selama dua bulan mulai pertengahan Juli hingga September 2024.

Baca juga: UCAC Gelar Pembekalan dan Sosialisasi Pedoman Wisuda ke-67 USM

"Mereka dari nomor lempar dan dasa lomba yang berpotensi meraih medali emas. Kami sudah koordinasi dengan Thailand dan sudah diizinkan oleh PB PASI," katanya.

Rumini yang memegang rekor nomor Sapta Lomba SEA Games tahun 1993-1997, mengatakan, upaya tersebut dalam rangka mencapai target yang dibebankan kepada cabang olahraga atletik.

Menurut dia, PASI Jateng memasang target pada pesta olahraga multievent empat tauinan di Aceh dan Sumut sebanyak 3 medali emas.

Target ini, lanjut dia, sesuai dengan raihan medali di PON XX Papus yaitu 3 medali emas, empat perak, dan tiga medali perunggu.

Ketika ditanya KONI Jawa Tengah berharap cabang atletik bisa menyumbangkan 5 medali emas, dia mengatakan, tentunya PASI Jateng harus bersikap realistis.

Baca juga: Nuriah Jurian Arga dari Indonesia juara 3 MTQ Internasional di Iran

"Kami akan menghitung lagi peluang meraih medali emas karena cabang atletik merupakan cabang olahraga terukur," katanya menegaskan.

Pada PON XXI Aceh-Sumut, cabang olahraga atletik mempertandingkan 47 nomor dan Jawa Tengah berhasil lolos untuk 46 nomor dengan jumlah atlet 31 orang.

Tetapi, KONI Jawa Tengah hanya akan memberangkatkan 23 atlet. "31 atlet itu merupakan yang lolos murni, sehingga sisanya kami TC sendiri. Kita sebenarnya ingin semua atlet berangkat ke PON mendatang," pungkasnya. (Aji)