Helo Indonesia

PLN Electric Run 2023, Lari Berhadiah Mobil Sembari Mengurangi Emisi Karbon

Ajie - Olahraga
Sabtu, 9 Desember 2023 10:30
    Bagikan  
PLN Electric Run 2023, Lari Berhadiah Mobil Sembari Mengurangi Emisi Karbon

Acara konferensi pers lomba lari PLN Electric Run 2023

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Mengambil momentum transisi energi listrik terbarukan, PLN berkolaborasi dengan Harian Kompas (Kompas.id) menyelenggarakan PLN Electric Run 2023 pada Minggu besok, 10 Desember 2023. Lokasi start dan finish serta race village berada Scientia Square Park (Jalan Scientia Boulevard, Gading Serpong).

Lebih dari sekadar event lari, PLN Electric Run 2023 mengajak para runners untuk berlari dengan spirit energi yang baru, semangat untuk menyegarkan jiwa raga dan menjunjung mindset ramah lingkungan. Selain ada lucky draw dan pemecah rekor lari nasional berhadiah 3 mobil listrik EV Wuling, panitia melalui event ini mengajak para runners untuk bersama mengurangi penggunaan emisi karbon sebanyak 11.880 kg CO2.

Baca juga: Mereview Olahraga Nasional, Jadi Prioritas atau Terpinggirkan?

Kesiapan penyelenggaraan lomba ini disampaikan dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Jumat (8/12) di Jakarta. Hadir pada kesempatan tersebut EVP Niaga dan Pemasaran PLN Fintje Lumembang, Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas Antonius Tomy Trinugroho, dan Ketua Komisi Pemassalan PASI Satyo Haryo Wibisono. Turut hadir pula, Race Director Lexi Rohi, dan Elite Runner Indonesia Odekta Elvina Naibaho.

PLN Electric Run 2023 diikuti oleh 5.000 peserta yang berasal dari running community, running enthusiast, student, family, dan PLN employee.

Fintje Lumembang menyebutkan, event ini mengajak para pelari untuk mengusung semangat ramah lingkungan dan berperan dalam adanya konversi penurunan CO2 untuk pemasangan instalasi listrik baru bagi daerah yang belum tersalurkan.

Diminati 

Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas Antonius Tomy Trinugroho menyampaikan, berdasarkan hasil ticketing event, lomba ini termasuk sport event yang diminati para runners Indonesia.

Baca juga: Hari Ini, Turnamen Sepakbola Antarpelajar USM Cup 2023 Dimulai

''Hal itu tampak dari tiket PLN Electric Run 2023 yang sukses habis terjual dalam kurun waktu 48 jam. Tomy menambahkan, selain merupakan event yang kompetitif, PLN Electric Run 2023 juga membawa semangat ramah lingkungan,'' ujar Tomy dalam keterangannya.

Sementara itu, Satyo Haryo Wibisono dari PASI menyambut antusias penyelenggaraan event PLN Electric Run 2023. Dia menyebutkan event ini mengutamakan kompetisi peserta dan menargetkan adanya juara Half Marathon National Record Breaking.

Lebih lanjut, Satyo memaparkan data rekornas PASI untuk kategori Half Marathon di Indonesia. Dimana, pemegang rekor nasional laki-laki pada saat ini adalah Eduardus Nabunome dengan catatan waktu 1:05:43 detik di tahun 1997 dan dan rekor nasional perempuan adalah Triyaningsih dengan catatan waktu 1:13:01 detik, pada tahun 1987. Event ini mengajak para runners untuk dapat mencetak waktu baru.

Baca juga: Melawat ke Samarinda, PSIS Tertantang Permalukan Borneo FC


Sedangkan Elite Runner Indonesia Odekta Elvina Naibaho menyampaikan kesiapannya tampil dalam lomba ini, serta harapannya untuk mencapai hasil terbaik serta mengukir prestasi pada ajang tersebut.
''Semoga event ini dapat menginspirasi masyarakat Indonesia akan pengurangan emisi karbon,'' tambahnya. (Aji)