Helo Indonesia

Nurohman Ahong Jadi Calon Tunggal Ketua Umum KONI Banjarnegara

Ajie - Olahraga
Kamis, 23 November 2023 21:03
    Bagikan  
Nurohman Ahong Jadi Calon Tunggal Ketua Umum KONI Banjarnegara

Ketua Umum KONI Banjarnegara Nurohman Ahong menyampaikan laporan tentang rencana Musorkab KONI Banjarnegara saat berudiensi dengan Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistian.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum KONI Banjarnegara periode 2019-2023 Nurohman Ahong menjadi calon tunggal pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Banjarnegara, Senin 27 November 2023.


Hal tersebut disampaikan Sekretaris KONI Banjarnegara Saiful Fadli dalam audiensi dengan Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana di Kantor KONI Jateng, Kamis 23 November 2023.

Baca juga: Jateng Ajukan Tuan Rumah Pomnas XIX Tahun 2025


''Dalam proses penjaringan dan penyaringan, hingga pendaftaran calon ketua ditutup 20 November lalu, tidak ada nama lain yang mendaftar,'' katanya.


Saiful Fadli audiensia ke KONI bersama Nurohman Ahong, Bendahara KONI Banjarnegara Faizun Anshar dan Ketua Panitia Musorkab Tejo Sumarno. Mereka diterima oleh Bona Ventura, Kabid Hukum dan Wakil Ali Purnomo dan Wenang Noto Buono, serta Kabid Media-Humas Darjo Soyat dan Wakabid Organisasi Uen Hartiwan.

Lebih lanjut Saiful menjelaskan, Ahong mendaftar sebagai calon Ketua KONI Banjarnegara 2023-2027 dengan dukungan 14 suara pengkab cabang olahraga. Adapun anggota KONI Banjarnegara 40 cabang olahraga.

Baca juga: Mbak Ita Dorong BWI Kota Semarang Data dan Legalkan Tanah Wakaf

Dia secara resmi mendaftarkan sebagai bakal calon Ketua Umum KONI Banjarnegera periode 2023-2027. Kedatangan Nurohman Ahong saat mendaftar mendapat kawalan langsung dari tiga pendekar pencak silat yang berusia lebih dari 80 tahun. Ahong menyerahkan formulir dan berkas-berkas persyaratan pendaftaran kepada Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Ketum KONI, Rabu (15/11) pekan lalu.

''Kami mengucapkan terima kasih kepada Pengkab yang sudah mendukung dan mengusung kami untuk memimpin induk organisasi cabang olahraga di Banjarnegara,''katanya.

Menurutnya, banyak dukungan yang dia terima untuk kembali memimpin KONI empat tahun ke depan. Dia pun mengajak semua insan olahraga untuk bahu membahu melanjutkan dan meningkatkan lagi prestasi olahraga Banjarnegara mengalami peningkatan secara signifikan.

“Kami berharap dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan prestasi olahraga di Banjarnegara, khususnya pada Porprov Jateng XVII di Semarang Raya tahun 2026,” ujarnya.

Tali Asih Porprov 2023
Sementara itu, Kabid Hukum KONI Jateng Ali Purnomo mengingatkan kepada KONI Banjarnegara agar dalam Musorkab tetap dijalankan sesuai prosedur. ''Jangan hanya karena ada satu calon, maka dilakukan asal-asalan. PD/PRT KONI tentang Musorkab/Kot tetap menjadi acuan,'' kata Ali.

Baca juga: PDAM Way Rilau Hentikan Aliran Air Sehari Sebagian Kota Balam

Ali pun menjabarkan beberapa pasal dalam PD/PRT yang berkaitan dengan Musorkab/kot KONI. Misalnya soal jumlah utusan masing-masing anggota KONI yakni cabang olahraga berapa orang.

Bersamaan dengan Musorkab, Pemkab Banjarnegara akan membagi tali asih kepada atlet peraih medali pada Poprov 2023. Banjarnegara menduduki peringkat kesembilan dengan 29 medali emas, 18 perak dan 28 perunggu.


''Jadi acara diawali dengan pemberian tali asih. Setelah itu, baru dilanjutkan Musorkab,'' kata Saiful sambil menyebut tali asih medali emas Rp 50 juta. (Aji)