Helo Indonesia

Graha Padma Kejurprov 2023 sebagai Barometer Pembinaan dan Seleksi Pebulutangkis untuk Kejurnas

Ajie - Olahraga
Selasa, 10 Oktober 2023 05:30
    Bagikan  
Graha Padma Kejurprov 2023 sebagai Barometer Pembinaan dan Seleksi Pebulutangkis untuk Kejurnas

Seorang pebulutangkis tunggal putri saat bertanding di Graha Padma Kejurprov 2023

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -  Ketua Panpel Graha Padma Kejurprov Bulutangkis 2023 yang juga Sekum Pengprov PBSI Jateng Dr Iswoyo SPt MP mengungkapkan, keikutsertaan pengkab/pengkot PBSI dalam kejurprov penting sebagai barometer guna mengukur hasil pembinaan di daerah masing-masing.

''Selain itu sebagai penjaringan para pebulutangkis yang bakal dikirim ke Kejurnas yang dilaksanakan di Jakarta pada Desember mendatang," kata Iswoyo kepada media di venue kejurprov, The Club Graha Padma Semarang, Senin 9 Oktober 2023.

Baca juga: Ribuan Santri Ponpes Cijantung Sambut Ganjar, Pengasuh: Lihatlah Dukungan Kami Semua untuk Bapak

Menurut dia, kejurprov bersifat terbuka. Pihaknya tidak membatasi latar belakang pemain, apakah pernah menjadi juara Porprov atau pun Popda. Untuk pemain Pelatnas, kata dia, kecil kemungkinan tampil di kejurprov ini.
Graha Padma Kejurprov Jateng 2023 mulai digelar di The Club Graha Padma Semarang Senin sampai Sabtu (9-14/10/2023) mendatang.

Total hadiah Rp 140.700.000 disiapkan panitia untuk event ini.

Sebanyak 957 peserta yang turut berpartisipasi. Dari 35 pengkab/pengkot di Jateng, 32 di antaranya mengirimkan wakil. Adapun tiga pengkab yang absen mengirimkan peserta adalah Blora, Pemalang, dan Temanggung.

Prestasi

Iswoyo menuturkan di Kejurnas nanti PBSI Jateng bakal turun di semua nomor. Untuk proses penentuan yang akan dikirim ke kejurnas, dia menyebut dilihat dari tiga kategori.

"Yang pertama dilihat dari prestasi internasional. Kedua dari prestasi nasional, kemudian ketiga dari juara di Kejurprov ini," katanya.

Baca juga: PSI Akan Temui Prabowo, Gerindra : Dukungan dari Partai Lain Sangat Penting

"Artinya kalau diluar Kejurprov ini ada yang juara internasional maupun nasional, kuota sisanya kita ambil di Kejurprov," katanya.

Namun kata dia kendalanya yakni ada tiga kategori yang tidak dipertandingkan.

Sebanyak 23 kategori dipertandingkan di kejurprov kali ini. Sementara, tiga kategori lainnya yang batal memperebutkan gelar disebabkan karena jumlah peserta kurang dari delapan, meliputi tunggal dewasa putri, ganda dewasa putri, serta ganda dewasa campuran.

"Disamping Kejurprov ini, kita nanti juga masih akan melakukan seleksi untuk atlet kejurnas utamanya untuk kategori yang gagal dipertandingkan di Kejurprov tahun ini," jelasnya.

Pertandingan di babak pada Senin ini dimulai pukul 09.00 menggunakan sepuluh lapangan. Terdiri atas empat lapangan di Hall A dan enam lapangan di Hall B.

Bersamaan dengan pelaksanaan kejurprov, di lokasi yang sama Pengprov PBSI Jateng juga mengadakan ujian wasit tingkat provinsi dan diikuti 20 peserta. (Aji)