Helo Indonesia

Disporapar Jateng Ingin Gelora Jatidiri Jadi Ruang Terbuka untuk Aktivitas Olahraga

Ajie - Olahraga
Rabu, 4 Oktober 2023 13:53
    Bagikan  
Disporapar Jateng Ingin Gelora Jatidiri Jadi Ruang Terbuka untuk Aktivitas Olahraga

Kadisporapar Jateng Agung Hariyadi saat menerima audiensi pengurus Siwo PWI Jateng. Foto: Aji

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Gelanggang Olahraga (Gelora) Jatidiri, di kawasan Karangrejo Kota Semarang yang dulu dibangun dengan spirit 'Senayan Kecil', masih dirasa sepi dan belum dioptimalkan sebagai sarana pelayanan umum bagi masyarakat atau ruang terbuka untuk aktivitas olahraga.

Berpijak dari realitas tersebut, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah ingin mengubah mindset, bahwa Jatidiri adalah sarana layanan publik, tidak semata-mata sebagai kawah candradimuka pembinaan atlet-atlet Jateng.

Baca juga: Susuri Jalan Braga Bandung, Ganjar Sapa Komunitas dan Seniman Lukis Jalanan

''Mindset sebagian masyarakat, Jatidiri adalah tempat yang tertutup, sepi dan terkesan mahal. Padahal itu sarana umum. Kami akan ubah paradigma, bahwa Jatidiri adalah ruang terbuka, pusat keramaian. Masyarakat bisa menggunakan untuk jogging, di space-space kosong nantinya UMKM dan toko olahraga boleh masuk,'' kata Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi saat menerima audiensi pengurus harian Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jateng di kantornya, Selasa 3 Oktober 2023.

Rombongan pengurus dipimpin Ketua Siwo PWI Jateng Erwin Ardian, Wakil Ketua Sigit Pramono, dan Sekretaris Dian Chandra.

Menurut Agung, pihaknya ingin Jatidiri lebih dikenal sebagai tempat pelayanan publik yang ramai seperti halnya Stadion Manahan Solo ataupun Tri Lomba Juang Semarang di pusat kota.

Baca juga: Hadapi Industri 4.0, Prof Dharto Minta Wisudawan USM Berpikir Kritis dan Kreatif

Selama ini Jatidiri baru berdenyut, ketika ada laga home PSIS Semarang, Kompetisi Voli Proliga maupun agenda event-event keolahragaan.

Karenanya, kata dia, pihaknya mendorong agar masyarakat hadir di sana. Contoh sederhana, menjadi destinasi untuk 'golek kringet' dengan jogging di sisi jalan pada kawasan seluas 20 hektar tersebut.

Dia optimistis, jika Jatidiri mulai crowded oleh warga yang makin tertarik berolahraga, maka dengan sendirinya pelaku bisnis atau pun UMKM akan datang. Kondisi gelanggang olahraga ini, kata dia, kini semakin bagus, cantik, tertata. Ke depan juga tengah disiapkan Gedung Serba Guna.

''Kami bakal mengundang tenaga ahli, untuk menyusun mapping, kira-kira space mana saja yang bisa dipakai untuk UMKM, kafe atau toko-toko olahraga,'' kata Agung didampingi Sub Koordinator Kemitraan dan Pembinaan Kelembagaan Olahraga Adelio Luis B Anjos.

Dilematis

Agung tak menampik, jika selama ini pihaknya dilematis dalam mengelola Jatidiri. Pada satu sisi mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena itu milik pemerintah, sedangkan sisi lain sebagai pusat latihan para atlet.

''Dua kepentingan ini sering bertemu. Kita pernah terlena, karena mengejar PAD dengan menyewakan venue, kepentingan atlet dikalahkan. Atlet sepakbola misalnya sampai latihan di pinggir kali,'' ujarnya.

Baca juga: Suara Sumbang Netizen Tetang Gali Freitas Keluar dari PSIS Semarang, Bukan Tidak Mungkin, Nilai di Transfermarkt Mencapai 3,04 Miliar

Maka dari itu, sambung Agung, pihaknya ingin semua bisa jalan beriringan. Kegiatan latihan atlet jalan berkesinambungan, pihak pengelola bisa mendapatkan pemasukan dengan event-event yang digelar, dan menjual space untuk toko-toko yang sudah memiliki brand maupun UMKM.

Pada kesempatan itu, Agung berharap Siwo PWI Jateng bisa membantu Disporapar terkait pemberitaan kawasan Jatidiri agar lebih dikenal. Lebih dari itu, turut membangun spirit olahraga pada masyarakat, khususnya para atlet Jateng agar prestasinya lebih meningkat.

Di bagian lain, Ketua Siwo PWI Erwin Ardian menyampaikan kesiapannya untuk turut membantu Disporapar dalam program pengembangan olahraga, salah satunya mempromosikan Jatidiri. Pada kesempatan itu, Erwin juga menyampaikan sejumlah agenda Siwo, seperti persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) dan Anugerah Olahraga 2023 Siwo PWI Jateng. (Aji)