Lepas Ekspor Bunga Anggrek ke AS, Gus Halim: Pasarnya Mulai Melebar

Jumat, 13 September 2024 09:24
Gus Halim mengingatkan bahwa tujuan yang terpenting dalam ekspor ini adalah untuk peningkatan ekonomi warga desa. Ist

HELOINDONESIA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar melepas ekspor bunga anggrek di kantor PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Artha Desa, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (11/9/2024).

Bunga anggrek produksi Badan Usaha Milik (BUM) Desa Bersama Singosari Lkd ini akan dikirim ke Florida, Amerika Serikat (AS) sebagai upaya untuk melanjutkan kerja sama internasional.

“Sebagai kelanjutan dari kerja sama internasional Bumdesma Singosari di Malang untuk yang kedua kalinya, maka hari ini juga kita berangkatkan ekspor anggrek dari Malang ke Florida Amerika Serikat. Luar biasa dan Bumdesa dan Bumdesa bersama dan tentunya yang luar biasa adalah kabupaten Malang,” ungkap menteri yang akrab disapa Gus Halim ini.

Baca juga: Sekretaris MA Lantik Delapan Hakim Tinggi Pengawas Pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung 

Gus Halim ini mengatakan, pasar ekspor bunga anggrek mulai melebar ke negara-negara lain, setelah sebelumnya sukses melakukan ekspor ke Taiwan.

Ia berharap, kerja sama internasional yang bisa diakses secara langsung ini bisa terus berlanjut. Namun begitu, Gus Halim mengingatkan bahwa tujuan yang terpenting dalam ekspor ini adalah untuk peningkatan ekonomi warga desa.

“Sekarang ekspor lagi ke Amerika Serikat, kalau kemarin ke Taiwan. Alhamdulillah mulai melebar pasarnya. Semoga terus berlanjut ke negara-negara lain. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi warga desa,” ujar Gus Halim.

Baca juga: Sambut Pawai Taaruf STQ Kelurahan Pondok Aren, Benyamin: Kembangkan Potensi Qori dan Qoriah



Dalam kegiatan ini juga, Gus Halim mendapat piagam penghargaan sekaligus didapuk sebagai Bapak Bumdesa Bersama Lkd atas jasa-jasanya menjadikan Bumdesa Bersama Lkd sebagai badan hukum yang memiliki nomor induk berusaha dan akutansi laporan keuangan khusus.

Penghargaan dan anugerah tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum Asosiasi Bumdesa Bersama Lkd Nusantara Agus Sudrikamto.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Malang HM Sanusi, Deputi Komisioner Hubungan Internasional, APU-PPT dan Daerah OJK Bambang Mukti Riyadi, Executive Vice President PT Bank Mandiri Ashraf Farahnaz, Staff Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian LHK Fahrizal Fitri, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ivanovich Agusta, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Invenstasi Desa Harlina Sulistyorini, Wakil ketua DPRD Kabupaten Malang Kholik.


Berita Terkini