Gus Ipul Mendadak Mundur dari Walikota Pasuruan, Ini Sebabnya

Rabu, 11 September 2024 12:48
Gus Ipul segera mengubdurkan diri Antara

HELOINDONESIA.COM -Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial (Mensos) definitif menggantikan Tri Rismaharini yang maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

Pelantikan ini berlangsung pada pagi hari, Rabu, 11 September, di Istana Negara, Jakarta. Jokowi memimpin langsung pelantikan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 102B 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Setelah resmi dilantik, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf menyatakan akan mengundurkan diri sebagai Wali Kota Pasuruan. "Per hari ini juga saya mundur sebagai Wali Kota Pasuruan, otomatis itu," kata Gus Ipul kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Baca juga: Viral, Kisah Nenek Saripah Hingga Nekat Telanjang di Pengadilan Negeri Tuban

Gus Ipul mengaku mendapat kabar penunjukan sebagai Mensos sejak dua hari sebelumnya dan menilai hal tersebut sebagai suatu kepercayaan.

"Satu-dua hari ini terakhir (dikabari jadi Mensos). Ya ini satu kepercayaanlah, ya. Saya juga tidak meneruskan di Pasuruan," ujarnya.

Baca juga: Pacar Maarten Paes Bukan Orang Sembarangan

Ia juga menyampaikan akan segera berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Mensos, untuk mengikuti proses serah terima jabatan.

Gus Ipul menilai penunjukkannya sebagai Mensos merupakan kepercayaan yang diberikan Presiden kepada dirinya. Ia berkomitmen untuk membantu Presiden di sisa masa pemerintahan satu bulan ini, termasuk mempersiapkan transisi pemerintahan berikutnya yang berkaitan dengan tugas-tugas Menteri Sosial.****

Berita Terkini