Tangani Banjir, Pilar Tinjau Lanjutan Pembangunan Turap Kali Ciater Hilir Segmen Serpong Park - Laverde

Rabu, 11 September 2024 06:00
Peninjauan ini dilakukan dalam rangka memastikan pekerjaan turap berjalan dengan lancar sebagai upaya penanganan banjir yang acapkali terjadi di lokasi tersebut. Ist

HELOINDONESIA.COM - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan melakukan peninjauan kembali terhadap progres pembangunan turap Kali Ciater Hilir Segmen Serpong Park - Laverde.

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka memastikan pekerjaan turap berjalan dengan lancar sebagai upaya penanganan banjir yang acapkali terjadi di lokasi tersebut.

"Turap di Serpong Park ini melanjutkan ya program tahun lalu, insyaallah tahun ini selesai ya untuk Serpong Park - Laverde," ungkap Pilar pada Selasa (10/09/2024).

Baca juga: Cegah Kerusakan Lingkungan, ASDP Berhasil Kumpulkan 1,3 Ton Sampah Plastik Lewat RVM PlasticPay

Disampaikan Pilar, berbagai infrastruktur dibangun sebagai komitmen Pemkot Tangsel dalam menangani persoalan banjir. Ia meyakini dengan pembangunan prasarana penanganan banjir ini akan berdampak terhadap pengurangan titik banjir di Tangerang Selatan.

"Untuk yang di Serpong Park panjang turap yang dilakukan pembangunan kurang lebih 1 kilo ya, untuk tingginya tentu variasi yang pasti semuanya sudah diperhitungkan agar air tidak melimpas masuk ke wilayah permukiman ya," terangnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan penggunaan teknis beton bertulang dalam pembuatan turap. Menurutnya, hal ini masih efektif dan tentunya masyarakat bisa merasakan dampaknya.

Baca juga: Optimisme Perbankan Semakin Meningkat di Tengah Ekspektasi Membaiknya Ekonomi Domestik 

"Ini saya tanya di Serpong Park, gimana penanganan banjir, mereka menjawab jauh-jauh sekali, ibaratnya hampir tidak ada air masuk lagi ke wilayah permukiman. Ini yang akan terus dilanjutkan, titik-titik selanjutnya sebagai prioritas penanganan banjir," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Rukun Warga (RW) 016 Serpong Park, H. Muhammad Soleh memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkot Tangsel sebagai komitmen dalam penanganan banjir.

Bahkan, ia memuji pembangunan turap yang memberikan ketenangan bagi masyarakat, terutama saat memasuki musim hujan.

Baca juga: Persempit Gap Kompetensi, BNET Academy dan SMK Sepakat Bekerja Sama

"Sungguh nyaman walaupun memasuki penghujan, tenang saja. Selama ini, sebelum turap dibangun, semua tidak ada yang bisa tidur karena takut kena banjir ya," ujarnya.

Tentunya pembangunan turap ini sangat bermanfaat bagi ribuan masyarakat yang tinggal di lingkungan ini.

"Warga saya 421 kartu keluarga dengan 1.224 jiwa," jelasnya.

Berita Terkini