Tingkatkan Kapasitas ASN, Kemendagri Gelar Internalisasi Core Values BerAKHLAK

Selasa, 10 September 2024 11:36
Kegiatan ini menjadi momen penting bagi seluruh pegawai untuk merajut kembali keakraban, memperkuat semangat kerja sama, dan meningkatkan motivasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Ist

HELOINDONESIA.COM - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri menggelar Internalisasi Core Values BerAKHLAK dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui program Kemendagri Merdeka Belajar. Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid dari Ruang Auditorium BPSDM Kemendagri, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Forum ini dihadiri seluruh pegawai Ditjen Bina Bangda dan BPSDM Kemendagri, baik secara tatap muka maupun virtual, termasuk para pejabat pimpinan tinggi dan fungsional.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan Core Values BerAKHLAK di lingkungan kerja ASN. BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adapun program Merdeka Belajar memberikan kebebasan kepada para pegawai untuk terus mengembangkan diri melalui berbagai peluang belajar, sesuai kebutuhan pengembangan kompetensi masing-masing.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Ketua Umum IKA PPM David Chandrawan MoU dengan PDMA Indonesia

Hadir sebagai pembicara utama, Coach Rudi dari ESQ 165. Ia menyampaikan pentingnya growth mindset dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman. "ASN Kemendagri harus memiliki growth mindset yang memungkinkan mereka untuk terus berkembang, beradaptasi, dan berinovasi. Dengan pola pikir ini, kita dapat menjadi insan yang optimal dalam setiap tugas dan tanggung jawab," ujarnya.

Dalam suasana yang interaktif dan menyenangkan, para peserta diajak untuk menggali potensi diri dan memperkuat rasa kebersamaan. Kegiatan ini menjadi momen penting bagi seluruh pegawai untuk merajut kembali keakraban, memperkuat semangat kerja sama, dan meningkatkan motivasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Acara ini juga merupakan bagian dari upaya Kemendagri untuk memastikan bahwa ASN tidak hanya kompeten dalam menjalankan tugas-tugas teknis, tetapi juga memiliki karakter dan nilai-nilai luhur yang tercermin dalam setiap tindakan. Dengan menerapkan Core Values BerAKHLAK, ASN Kemendagri diharapkan mampu memberikan pelayanan yang prima, akuntabel, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era digital yang terus berkembang.

Baca juga: Gelar Festival Literasi, Benyamin Ajak Masyarakat Datang ke Perpustakaan Tangsel

Melalui program Kemendagri Merdeka Belajar, para pegawai didorong untuk memanfaatkan berbagai kesempatan belajar dan pengembangan diri secara mandiri. ASN diharapkan dapat terus berinovasi, berkembang, dan menjadi pilar dalam mewujudkan birokrasi yang modern dan responsif terhadap tantangan masa depan. Melalui kegiatan ini, ASN Kemendagri diharapkan dapat semakin memperkuat kompetensi dan pola pikir yang progresif dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

 

Berita Terkini