Kemenparekraf Gandeng BEI Gelar Demoday KreatIPO 2024 di Jakarta

Jumat, 6 September 2024 05:39
Tim penilai sendiri terdiri dari 12 Underwriter, 10 Konsultan Hukum dan 2 Kantor Akuntan Publik. Ist

HELOINDONESIA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) sukses menggelar kegiatan “Demoday KreatIPO 2024” yang berlangsung di The Westin Jakarta, 3 September 2024.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Anggara Hayun Anujuprana dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (5/9/2024), mengatakan Demo Day KreatIPO diikuti delapan perusahaan binaan IDX Incubator bersama Kemenparekraf. Perusahaan-perusahaan tersebut telah menjalani pembinaan serta pendampingan berupa coaching dan mentoring terkait persiapan menuju IPO atau Go Public.

"Kami berharap dalam waktu dekat, kita akan melihat lebih banyak perusahaan ekonomi kreatif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dan ini bukan hanya tentang pendanaan, tetapi juga menunjukkan bahwa industri pariwisata dan ekonomi kreatif adalah subsektor yang sangat prospektif untuk dikembangkan,” ujar Hayun.

Baca juga: Oknum TNI di Makasar Angkat Pistol di Depan Rumah Pengurus Partai

Di kesempatan ini, delapan perusahaan tersebut juga melakukan pitching terkait bisnis dan usaha mereka di hadapan para tim penilai. Tim penilai sendiri terdiri dari 12 Underwriter, 10 Konsultan Hukum dan 2 Kantor Akuntan Publik.

Para peserta yang saat ini sedang bersiap IPO mendapatkan manfaat melalui exposure dan networking dengan underwriter serta Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal guna mendapatkan mitra strategis dalam mempersiapkan perusahaan memenuhi persyaratan menjadi perusahaan Go Public atau IPO.

Demo Day KreatIPO dikatakan Hayun menjadi peluang yang baik untuk membangun jaringan strategis dan menyusun tim persiapan IPO yang andal, sehingga mempermudah langkah mereka menuju pasar modal dengan kesiapan optimal.

Baca juga: Viral, Bodyguard Atta Halilintar Ancam Culik Wartawan: Berujung Minta Maaf!

Advisor to Listing Directorate IDX, Saptono Adi Junarso, mengatakan kerja sama dengan profesi penunjang merupakan proses yang krusial dalam perjalanan perusahaan menjadi emiten. Salah satu proses utama dalam persiapan IPO adalah menentukan lembaga profesi penunjang pasar modal yang akan membantu jalannya proses persiapan.

“Karenanya acara ini menjadi sarana networking yang mempertemukan para pelaku usaha yang merupakan binaan IDX Incubator khususnya di bidang parekraf, dengan para profesi penunjang pasar modal,” ujar Saptono.

Demo Day KreatIPO merupakan bagian dari rangkaian program roadshow KreatIPO. Program tersebut terdiri atas berbagai kegiatan berkesinambungan diantaranya, literasi terkait pasar modal pada kegiatan Bincang Pasar Modal, Coaching Clinic KreatIPO, kegiatan one on one meeting dengan underwriter, seleksi masuk IDX Incubator, pembinaan dan pendampingan bersama oleh IDX Incubator dan Kemenparekraf serta Demo Day KreatIPO.

Baca juga: Rating Pemain Indonesia Setelah Tahan Imbang Arab Saudi, Maarten Paes dan Calvin Verdonk Tertinggi !

KreatIPO diharapkan mampu mendorong dan mengakselerasi pelaku usaha parekraf untuk berhasil menjadi perusahaan go public sehingga bisa naik kelas dan menjalankan visi dan misi besar yang ingin dicapai dalam bisnis perusahaan.



Berita Terkini