Tips Mengerjakan Soal SKD di CPNS 2024 Agar Lolos dan Dapat Skor Tinggi, Kerjakan Soal Termudah !

Kamis, 5 September 2024 12:27
SKD CPNS 2024 CPNS/ infobanknews

HELOINDONESIA.COM -

Pendaftaran CPNS 2024 akan ditutup 6 September 2024 dan tahapan selanjutnya jika sudah lolos pendaftaran selanjutnya kalian akan melalui tahap SKD.

SKD adalah singkatan dari Seleksi Kompetensi Dasar, yaitu tes yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk menilai apakah kompetensi peserta sesuai dengan standar dasar yang dibutuhkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

SKD terdiri dari beberapa jenis tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pelaksanaan SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Baca juga: Jadwal dan Materi Kisi-kisi SKD CPNS 2024, Banyak Orang yang Gugur di SKD !

Banyak orang yang gagal pada tahapan ini, karena tak mampu meraih skor yang tinggi. Namun ada beberapa tips yang kalian bisa lakukan agar bisa lolos tes SKD.

Salah satunya adalah dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, yaitu TKP, soal-soal di TKP rata-rata akan mudah dijawab.

Berikut Tips lengkap agar lolos tes SKD CPNS 2024

  1. Kenali Jenis Soal dan Pelajari Kisi-Kisi

Pelajari isi materi dan pola soal ujian CPNS pada tahun sebelumnya. Informasi ini dapat diakses melalui panduan belajar CPNS, aplikasi, atau video pembelajaran online. Baca juga: Berapa Jumlah PNS di Indonesia? Wanita Mendominasi? Ini Serba-serbinya Dengan memahami pola soal tahun lalu, Anda dapat memperoleh gambaran atau prediksi mengenai jenis soal yang mungkin muncul pada ujian CPNS tahun ini.

  1. Terus Mengerjakan Soal Latihan

Persiapkan diri dengan mengerjakan contoh soal tes CPNS guna membantu dalam menghadapi SKD dan SKB. Temukan kumpulan contoh soal dan ikuti simulasi ujian untuk mengukur serta perbaiki kelemahan yang ada.

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2024 Ditutup Besok, Jumat 6 September 2024 Apakah Akan Diperpanjang ?

  1. Pahami Pola Soal dan Materi Ujian

Pelajari pola soal dan materi ujian yang akan diuji. Pahami jenis soal yang umum muncul dan fokuskan belajar pada materi yang sering keluar dalam ujian SKD dan SKB.

  1. Jangan Pernah Menyisakan Jawaban Kosong

Sangat disarankan untuk tidak meninggalkan soal tanpa jawaban, terutama dalam Tes Kompetensi Dasar (TKP). Dalam jenis tes ini, mendapatkan jawaban dengan bobot terendah tetap dihargai 1 poin. Hal ini lebih baik daripada tidak menjawab sama sekali dan mendapatkan bobot 0. Terlebih lagi, bobot nilai TKP lebih tinggi dibandingkan tes lainnya.

  1. Mengerjakan Soal yang Termudah

Tips untuk menyelesaikan Tes SKD dan TKP CPNS 2024 adalah mengutamakan soal TKP terlebih dahulu. Soal tersebut tidak memiliki jawaban yang salah dan minim terhenti dalam pengerjaan soal. Lalu dilanjutkan dengan tes TWK dan TIU yang terakhir.

Baca juga: Daftar Formasi CPNS 2024 yang Sepi Peminat, Buruan Daftar ! Beberapa Hari Lagi Pendaftaran DItutup

  1. Mengelola Waktu dengan Baik

Latih diri Anda untuk menjawab soal dengan waktu yang terbatas. Bangun kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal agar dapat menyelesaikan ujian sesuai batas waktu.

  1. Istirahat yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum ujian. Kondisi fisik dan mental yang baik sangat penting untuk dapat berprestasi maksimal pada hari ujian. Saat mendekati hari ujian, ada baiknya untuk mengistirahatkan pikiran untuk menyiapkan otak agar bisa bekerja sempurna saat hari H.

  1. Meminta doa dari orang tua ataupun keluarga

Hal yang sangat penting ketika anda hendak mengerjakan soal tes SKD CPNS adalah meminta doa kepada orang tua atau keluarga. Hal tersebut wajib Anda lakukan karena akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri dan mental.

Baca juga: Berikut Tips Lolos Tes CPNS 2024, Usaha Tak Akan Khianati Hasil !

Itulah beberapa tips mengerjakan tes SKD, Jadwal SKD CPNS 2024

  • Penjadwalan SKD CPNS: 2 s.d. 8 Oktober 2024
  • Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat SKD CPNS: 9 s.d. 15 Oktober 2024
  • Pelaksanaan SKD CPNS: 16 Oktober s.d. 14 November 2024
  • Pengolahan Nilai SKD CPNS: 23 Oktober s.d. 16 November 2024
  • Pengumuman Hasil SKD CPNS: 17 s.d. 19 November 2024

Baca juga: Jadwal MPL ID Season 14 Pekan ke-5: EVOS Glory Lawan FNATIC Onic dan BTR Tamatlah Sudah !

Berita Terkini