Kukuhkan Dewan Pengupahan Tangsel Periode 2024-2027, Pilar: Kesejahteraan Pekerja Jadi Prioritas

Kamis, 5 September 2024 05:08
Pilar mengungkapkan bahwa kota ini telah mengalami kemajuan signifikan dalam beberapa indikator kunci. Ist

HELOINDONESIA.COM - Di tengah pertumbuhan pesat yang dirasakan oleh Kota Tangerang Selatan, Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan menggarisbawahi pentingnya keseimbangan antara kemajuan ekonomi dan kesejahteraan pekerja.

Hal ini disampaikan dalam acara pengukuhan Dewan Pengupahan Kota Tangerang Selatan periode 2024-2027 yang digelar di Ruang Lengkong Puspemkot Tangerang Selatan pada Selasa (03/09/2024).

Menurut Pilar, kepentingan dunia usaha dan kepentingan pekerja atau buruh memang seringkali dilihat dari perspektif yang berbeda.

Baca juga: Gelar Konferensi Internasional Pertama tentang Pendaftaran Tanah Ulayat di Indonesia, Menteri AHY Wujudkan Arahan Presiden Joko Widodo

“Namun, kami imbau perbedaan tersebut dapat disikapi secara positif dengan pertimbangan bahwa kondusivitas iklim investasi dan dunia usaha juga harus sejalan dengan peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh melalui penetapan upah minimum yang layak,” ujar Pilar.

Pilar mengungkapkan bahwa kota ini telah mengalami kemajuan signifikan dalam beberapa indikator kunci.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 81,5 persen pada tahun 2022 menjadi 82,88 persen pada tahun 2023.

Baca juga: PWI Tingkatkan Tata Kelola dengan Sertifikasi GRC

Selain itu, laju pertumbuhan ekonomi melonjak dari 4,81 persen di tahun 2021 menjadi 5,82 persen pada tahun 2022. Serta, indikator angka umur harapan hidup naik dari 72,78 tahun pada 2022 menjadi 73,9 tahun pada 2023.

Atas berbagi pencapaian ini, Pilar memberikan penghargaan kepada Dewan Pengupahan periode sebelumnya yang telah berhasil memperjuangkan kesejahteraan pekerja di tengah dinamika ekonomi yang terus berubah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pengupahan Kota Tangerang Selatan periode 2021-2024 atas dedikasi dan pencapaian mereka. Kini, kami berharap Dewan Pengupahan Kota Tangerang Selatan yang baru (periode 2024-2027) dapat melanjutkan capaian tersebut dengan inovasi dan terobosan baru dalam peningkatan kualitas pekerja,” tambahnya.

Baca juga: Tergiur Upah Rp. 100 Ribu, 2 Bocil Disuruh Mencuri Jajanan, Kepergok Ditelanjangi Sampe Anunya Terlihat

Dalam acara tersebut, Pilar menegaskan bahwa kesejahteraan pekerja akan terus menjadi prioritas, dan diharapkan pengurus Dewan Pengupahan Kota Tangsel periode 2024-2027 dapat bekerja dengan penuh semangat untuk memastikan bahwa manfaat kemajuan ekonomi dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Acara pengukuhan ini menandai komitmen berkelanjutan Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk menciptakan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial, memastikan bahwa setiap langkah maju kota ini membawa manfaat yang luas bagi warganya.

Berita Terkini