Lantik 440 Pejabat di Kemenkeu, Menkeu Tegaskan Tanggung Jawab dan Etika Tinggi

Selasa, 3 September 2024 11:30
Menkeu juga menekankan perlunya transparansi, akuntabilitas, dan kredibilitas dalam pengelolaan keuangan negara di tengah dinamika demokrasi serta perubahan ekonomi global. Ist

HELOINDONESIA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati melantik pejabat eselon II dan setara pada lingkungan Kementerian Keuangan di Aula Mezzanine Gedung Juanda I Kemenkeu (02/09). Sebanyak 440 pejabat telah dilantik, yang terdiri dari 49 pejabat Eselon II dan 391 pejabat Eselon III, IV, fungsional, serta unit non-eselon di lingkup Kemenkeu.

Menkeu mengatakan pelantikan ini merupakan bagian dari rotasi, promosi, serta pengisian posisi yang kosong akibat purna tugas. “Semuanya memiliki tugas yang sama, yaitu harus menjadi pemimpin di unit yang Anda akan kelola. Anda bukan sekedar pejabat, tapi harus menjadi pemimpin di mana role model akan selalu dilihat oleh anak buahnya,” ucap Menkeu.

Dalam sambutannya, Menkeu menegaskan pentingnya tanggung jawab yang diemban oleh para pejabat yang baru dilantik.

Baca juga: Kunker ke Bengkulu, Ketua MA Imbau Aparatur Peradilan Tidak Terlibat Judi Online 

“Kita harus tetap menjaga keuangan negara dan APBN sebagai instrumen yang penting untuk menjaga perekonmian dan menjaga masyarakat kita,” ujarnya. Menkeu juga menekankan perlunya transparansi, akuntabilitas, dan kredibilitas dalam pengelolaan keuangan negara di tengah dinamika demokrasi serta perubahan ekonomi global.

Menkeu meminta agar para pejabat yang dilantik untuk tetap fokus dalam memberikan pelayanan yang terbaik dengan etika publik yang tinggi pada kondisi apapun. “Di masa di mana sosial media menjadi salah satu alat untuk masyarakat menyampaikan pandangannya, kita akan terus menerus 24 jam, 7 hari seminggu, dan terus menerus setiap bulan serta setiap tahun akan disorot,”imbuh Menkeu.

Adaptasi menjadi suatu hal yang harus dimiliki oleh pemimpin. Hal ini sangat ditekankan oleh Menkeu karena tidak hanya mengelola fiskal, namun para pejabat yang dilantik hari ini juga menjadi pemimpin dari masing-masing unit di tempat bekerja.

Baca juga: Pemerintah Lakukan Perpanjangan Masa Operasi Modifikasi Cuaca untuk Hadapi Risiko Bencana dan Mendukung Pembangunan IKN

“Masing-masing unit yang Anda pimpin mayoritas sekarang adalah dari generasi muda, generasi X,Y, dan Z, Millennial, sampai dengan generasi Alfa, mereka memiliki pengalaman hidup yang sangat berbeda dengan Anda,” jelas Menkeu.

Dalam penutup sambutannya, Menkeu mengingatkan bahwa keberhasilan Kementerian Keuangan sangat bergantung pada sikap dan pemikiran para pejabatnya. Ia berharap para pejabat yang baru dilantik akan menjadi pemimpin yang dapat diandalkan, dengan dedikasi dan pengabdian tinggi untuk kemajuan Indonesia.

Berita Terkini