Kejaksaan Tinggi Banten Peringati Hari Lahir Kejaksaan Ke-79

Senin, 2 September 2024 15:36
HUT Kejaksaan RI ke-79. Ist

HELOINDONESIA.COM - Kejaksaan Tinggi Banten menggelar upacara memperingati Hari Lahir Kejaksaan ke-79 yang jatuh pada tanggal 2 September 2024. Acara ini berlangsung di lapangan upacara Kejaksaan Tinggi Banten dan dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Dr. Siswanto, SH., MH., yang bertindak sebagai inspektur upacara. 

Upacara ini turut dihadiri oleh Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Banten beserta pengurus, para Asisten, Kepala Bagian Tata Usaha, para Koordinator, serta seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Banten.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten menyampaikan amanat dari Jaksa Agung RI, mengingatkan bahwa institusi Kejaksaan resmi berdiri pada 79 tahun yang lalu, tepat 15 hari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. 

Baca juga: Telah Berhasil Daftarkan 117 Juta Bidang Tanah, Menteri AHY Optimis Program PTSL Capai 120 Juta Bidang Tanah Tahun 2024


Pengangkatan Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja sebagai Jaksa Agung pertama bersamaan dengan pembentukan Kabinet Presidensial pertama Indonesia menandai awal peran Kejaksaan dalam mempertahankan kedaulatan hukum negara.

Peringatan Hari Lahir Kejaksaan ini, menurut Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, bukan hanya menjadi pengingat sejarah panjang perjuangan Kejaksaan dalam menegakkan hukum dan keadilan di Indonesia, tetapi juga memiliki beberapa urgensi penting:

Pertama, mempertegas keberadaan Kejaksaan sebagai lembaga yang berdiri sejak awal kemerdekaan dan menunjukkan pentingnya peran Kejaksaan dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara. 

Baca juga: Jaksa Agung ST Burhanuddin: Tema Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal


Kedua, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penegakan hukum, mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu-isu hukum dan ikut serta dalam menciptakan lingkungan yang kondusif. 

Ketiga, memperkuat soliditas dan semangat kebersamaan di kalangan insan Adhyaksa. Peringatan ini menjadi momen bagi seluruh jajaran Kejaksaan untuk saling mendukung dan meningkatkan kinerja. 

Keempat, mewujudkan komitmen Kejaksaan untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan selalu hadir di tengah masyarakat melalui penegakan hukum yang berkeadilan.

Baca juga: Ketua DPD RI Komit Akan Terus Perjuangkan Keberadaan Kerajaan dan Kesultanan Nusantara


Acara peringatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, yang kemudian diserahkan kepada Ketua IAD Wilayah Banten. 

Kegiatan ini diikuti dengan hiburan berupa pertunjukan senam dari tim Kejaksaan Tinggi Banten yang akan bertanding dalam rangka Roadshow Bus KPK. 

Acara ditutup dengan ceramah agama oleh Ustadz Muhammad Subki Al-Buqhury di Aula Kejaksaan Tinggi Banten.

Baca juga: Masuk Jalur Busway, Pengendara Motor Beat Kaget Polisi Lompat ke Jok Motor, Kena Tilang Deh!


Sumber: Kasi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Banten, Serang, 2 September 2024.

Berita Terkini