Pendaftaran Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 Resmi Dibuka, Tiap Kategori Berhadiah Ratusan Juta

Kamis, 29 Agustus 2024 08:34
Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dalam rapat yang dihadiri Ketua Panitia Pelaksana AJA 2024, DR Artini, Rabu (29/8/2024). Foto: Heloindonesia

HELOINDONESIA.COM - Anugerah Jurnalistik Adinegoro (AJA) 2024 yang akan memperebutkan hadiah ratusan juta mulai membuka pendaftaran karya jurnalistik berkualitas yang dihasilkan para wartawan dari seluruh Indonesia.

Melalui portal https://s.id/ADINEGORO2024. Peserta bisa mengirimkan karyanya hingga 31 Desember 2024 mendatang.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dalam rapat yang dihadiri Ketua Panitia Pelaksana AJA 2024, DR Artini, Rabu (29/8/2024) mengharapkan agar kompetisi bergengsi tahunan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 dapat melahirkan karya jurnalistik berkualitas.  

Karya terbaik dari karya terbaik dari wartawan seluruh Indonesia.

Baca juga: Kurir Sabu-Sabu Ditangkap dengan 4 Ons Barang Bukti di Rumahnya

Dikatakan, dengan hadiah ratusan juta rupiah, sudah sepatutnya AJA 2024 menghasilkan karya jurnalistik nomor satu. 

“Untuk ajang penghargaan jurnalistik, hadiah Adinegoro terbesar di Indonesia, maka pemenangnya harus menunjukkan kualitas nomor satu,”ujar Hendry Bangun dalam rapat persiapan AJA 2024 di kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Jakarta.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 akan memperlombakan lima kategori, yaitu karya jurnalistik media cetak, daring atau siber, video, audio, dan foto. 

Pemenang setiap kategori akan mendapatkan hadiah Rp 100 juta.

Baca juga: Aksi Pencurian Tertangkap Basah di Barabai! Pria Berinisial DS Diamankan Warga dan Viral di WhatsApp!

Tahun 2024, untuk pertama kalinya Anugerah Jurnalistik Adinegoro mengajak pers kampus di Indonesia memperebutkan Penghargaan Khusus. Penghargaan ini untuk menyambut gairah jurnalisme di kampus-kampus dan mendorong minat kaum milenial dan Generasi Z terhadap jurnalisme dan kepedulian terhadap kehidupan sekitarnya.

Perguruan Tinggi di Indonesia mulai mengapresiasi AJA 2024 karena ikut mendorong perkembangan pers kampus. 

Kehadiran Amelia, Humas Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR dalam rapat persiapan AJA 2024 menunjukkan dukungan positif perguruan tinggi swasta untuk suksesnya penyelenggaraan AJA 2024. 

Panitia Pelaksana AJA dan LSPR sedang menjajaki kerjasama.

Baca juga: Polisi Bekuk Pengedar Sabu dan Ekstasi di Banjarbaru, Sita Barang Bukti Bernilai Fantastis

Di samping untuk pers kampus, PWI Pusat juga menyediakan penghargaan khusus untuk karya jurnalisme warga (citizen journalism) melalui unggahan di media sosial. 

Dua kategori itu memperebutkan Penghargaan Khusus dan hadiah uang Rp 25 juta.

DR Artini mengatakan, Panitia Pelaksana Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 siap untuk mengimplementasikan kebijakan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun agar gaung AJA 2024 sampai kepada semua kalangan masyarakat, tidak hanya insan pers.

Dikatakan, panitia pelaksana sedang menyiapkan sejumlah kegiatan untuk menguatkan gaung AJA 2024. 

Baca juga: PDIP Usung Agustina Wilujeng - Iswar Aminuddin di Pilkada Semarang 2024

Di samping Malam Penghargaan AJA 2024, akan dilaksanakan kegiatan lain seperti Pelatihan Pers Kampus; Pameran Adinegoro; Visit Media; Jumpa Citizen Journalism dan Berkunjung ke Kampung Adinegoro.

“Kegiatan-kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melibatkan sebanyak mungkin masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya adalah untuk mengaet sebanyak mungkin karya jurnalistik terbaik mengikuti kompetisi Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024,” demikian penjelasan Ketua Pelaksana AJA 2024, DR Artini. 

Berita Terkini