BNPP Bakal Gelar Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2024 di Pontianak

Senin, 26 Agustus 2024 11:43
Kegiatan Gerbangdutas telah digelar BNPP sejak 2013 lalu di sejumah Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ist

HELOINDONESIA.COM - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bakal menggelar pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2024 di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kota Pontianak, Selasa (27/8/2024). Gerbangdutas ke-12 tersebut direncanakan bakal dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto selaku Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian selaku Kepala BNPP.

Adapun pelaksanaan Gerbangdutas ini bertajuk “Pencanangan Gerbangdutas Jangka Menengah Tahun 2025-2029”. Dalam keterangan persnya di Jakarta, Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris BNPP Makhruzi Rahman menjelaskan, kegiatan tersebut selain membawa semangat gotong royong untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT), juga akan membawa pesan budaya yang kental.

“Pada seremoni pembukaan Pencanangan Gerbangdutas 2024 akan dibuka dengan tarian kolosal oleh 200 penari yang akan mengenakan baju khas daerah,” ujar Makhruzi, Senin (26/8/2024).

Baca juga: Sekretaris Ditjen Dukcapil Ingatkan Daerah Hati-Hati Terbitkan NIK Baru Jelang Pilkada Serentak

Dirinya menambahkan, tujuan digelarnya Gerbangdutas 2024 yakni untuk memantapkan konsepsi dan rumusan program pengelolaan pembangunan kawasan perbatasan negara jangka menengah tahun 2025-2029. Selain itu, juga untuk memperkuat Kementerian/Lembaga (K/L) dan daerah dalam mengelola dan membangun kawasan perbatasan negara.

Pada Gerbangdutas 2024 ini, jelas Makhruzi, juga akan digelar sejumlah agenda. Di antaranya Rapat Koordinasi (Rakor) Gebangdutas Jangka Menengah Tahun 2025-2029, program pelayanan kesehatan ibu dan anak, pemberian paket sembako, booth pameran pencanangan Gerbangdutas 2024, pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutista) Tentara Nasional Indonesia (TNI), hingga penampilan sejumlah produk unggulan di kawasan perbatasan.

“Pada pelayanan kesehatan anak akan dilakukan pengukuran gizi anak melalui antropometri. Sedangkan pada pelayanan kesehatan ibu akan diadakan program pelayanan kesehatan masyarakat untuk pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM),” imbuhnya.

Baca juga: Ribuan Masyarakat Manfaatkan Gerakan Pangan Murah yang Diselenggarakan Pemkot Tangsel

Makhruzi berharap, digelarnya sejumlah agenda pada Gerbangdutas 2024 ini, khususnya pameran produk unggulan di kawasan perbatasan, akan mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di perbatasan. Adapun kegiatan ini juga akan melibatkan mitra BNPP seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Badan Narkotika Nasional (BNN), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Mandiri.

Sebagai informasi, kegiatan Gerbangdutas telah digelar BNPP sejak 2013 lalu di sejumah Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Terakhir, kegiatan ini digelar di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku pada 2023 lalu.


Berita Terkini