Dukung PON XXI, Jalan Akses Sport Center dan Lapangan Gateball di Sumut Selesai Akhir Agustus 2024

Kamis, 22 Agustus 2024 04:45
Dukungan Jalan Sport Center terdiri dari empat paket pekerjaan. Paket I yakni jalan utama sepanjang 2,1 km progres 32%, paket ini dikerjakan oleh kontraktor PT Trimurti Perkasa dengan anggaran Rp71,9 miliar. Ist

HELOINDONESIA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara. Selain Stadion Utama Sumatera Utara, Menteri Basuki juga meninjau dukungan konektivitas menuju stadion, Selasa (20/8/2024).

Untuk mendukung penyelenggaraan PON XXI, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Sport Center di Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari jalan utama, jalan dalam kawasan, lapangan parkir dan pelataran gedung.

Menteri Basuki mengatakan PON XXI merupakan event nasional untuk itu semua harus ikut bertanggung jawab untuk menyukseskan.“Saya minta 31 Agustus 2024 selesai, rapi dan bisa fungsional. Harus baik dan jangan dikurangi kualitasnya,” ucap Menteri Basuki.

Baca juga: Partai Buruh Lawan Baleg DPR RI, Ajukan Anies di Pilkada Jakarta

Dukungan Jalan Sport Center terdiri dari empat paket pekerjaan. Paket I yakni jalan utama sepanjang 2,1 km progres 32%, paket ini dikerjakan oleh kontraktor PT Trimurti Perkasa dengan anggaran Rp71,9 miliar. Paket II jalan dalam kawasan sepanjang 1,1 km progres 32%, dikerjakan kontraktor PT Arkan Putra Tama anggaran Rp34,5 miliar. Paket III yakni parkir dan pelataran gedung progres 32% dikerjakan PT Sumatera Pioneer Buildingmaterial dengan anggaran Rp66,1 miliar. Paket IV jalan 8 meter, parkiran dan parkir persegi progres 45% dikerjakan PT Gardapati Sarana Indonesia dengan anggaran Rp38,7 miliar.

Kasatker PJN Wilayah IV Provinsi Sumatera Utara Rahmad Parulian memastikan infrastruktur jalan Sport Center Sumatera Utara akan rampung pada 31 Agustus 2024. “Untuk penunjang PON sudah siap digunakan 31 Agustus 2024, menyusul utilitas pendukung lainnya yang akan disempurnakan di akhir tahun,” ucapnya.

Baca juga: Ketua DPD RI Apresiasi OJK yang Minta Lembaga Keuangan Terapkan Deteksi Dini Transaksi Judi Online

Di samping itu, untuk mendukung PON XXI BBPJN Sumatera Utara juga membangun kawasan gateball di Kecamatan Medan Deli, Kota Medan. Kawasan ini terdiri dari lima lapangan gateball yang ditargetkan selesai pada 31 Agustus 2024.

Saat ini tiga dari lima lapangan telah rampung dibangun dengan progres total 39%. Pembangunan kawasan gateball dilaksanakan oleh kontraktor CV. Minggos Putra dengan nilai kontrak Rp11 miliar.

“Untuk memastikan kesiapan dan keamanan, kami akan melakukan uji coba lima lapangan gateball pada 25 Agustus mendatang,” ujar Rahmad.

Baca juga: Eks Bupati Kotawaringin Barat Terlibat Korupsi, Berkas Perkara akan Dilimpahkan ke Pengadilan 

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah dan Kepala Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Sumatera Utara Deva Kurniawan Rahmadi. 

Berita Terkini