Pertunjukan Interaktif dari Sagiwon Teater dan Stand Up Indo Bojonegoro, Penonton Disuruh Pakai Seragam SMA

Selasa, 20 Agustus 2024 17:20
Pertunjukkan terbaru dari Sagiwon Teater dan Stand Up Indo Bojonegoro digelar di Kota Bojonegoro dalam waktu dekat ini. ig @sagiwon_ dan standupindo_bojonegoro

HELOINDONESIA.COM - Sagiwon Teater dan Stand Up Indo Bojonegoro, dua komunitas kreatif asal Bojonegoro, tahun 2024 ini berkolaborasi untuk menghadirkan pertunjukan inovatif berjudul Kelas Unggulan.

Pertunjukan ini menggabungkan seni teater dan stand-up comedy dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya, sebuah pertunjukan interaktif yang mengubah cara kita memandang seni pertunjukan.

Berbeda dari format tradisional, pertunjukan ini menghapus batasan antara penonton dan pemain, menjadikan setiap penonton bagian tak terpisahkan dari alur cerita itu.

Baca juga: Pertunjukkan Laser Show dan Vieo Mapping di Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya, ini Rencanya

Dalam Kelas Unggulan, dinding keempat yang sering memisahkan penonton dari panggung benar-benar dihilangkan.

Penonton tidak hanya menjadi saksi, tetapi juga berperan aktif dalam pementasan, merasakan dan mengalami langsung suasana kelas yang diciptakan oleh para aktor.

Di tengah inovasi ini, penonton akan berperan sebagai siswa dan bergabung langsung bersama para pemain di sebuah kelas yang dipandu oleh seorang guru sejarah.

Namun, alih-alih menggunakan metode konvensional yang bergantung pada catatan akademis, kelas ini mengusung pendekatan yang lebih personal.

Baca juga: Teater Kober Asal Lampung Pentas di TIM Jakarta dan Taman Budaya

Pelajaran Sejarah disampaikan melalui narasi mendalam mengenai perjalanan hidup sang guru, menawarkan wawasan yang lebih intim dan reflektif tentang masa lalu.

Masa lalu, dengan segala kebaikan dan keburukannya, berperan penting dalam pembentukan kepribadian kita, mengingat masa lalu tidak berarti mengulanginya, tetapi untuk memahami sejauh mana kita telah melewati berbagai tantangan hidup.

Melalui refleksi mendalam terhadap pengalaman masa lalu, Kelas Unggulan memberikan kedalaman dan makna tambahan pada hidup kita, serta memperjelas tujuan dan arti keberadaan kita.

Baca juga: Luncurkan TV Teras 85 inc, Samsung Manjakan Tayangan Teater di Balkon dan Taman, Penasaran Spek dan Harganya?

Dengan cara ini, penonton diundang untuk merenung dan mengevaluasi bagaimana masa lalu membentuk kepribadian mereka, memperkaya makna hidup, dan mengatasi krisis eksistensial dengan menguatkan nilai-nilai pribadi yang mendefinisikan identitas mereka.

Guru Sejarah dalam Kelas Unggulan akan diperankan oleh Guntur Riyanto, seorang stand up comedian asal Bojonegoro, Jawa Timur.

Tidak heran jika dalam Kelas Unggulan dipenuhi dengan komedi-komedi ala stand up comedy, namun, Sagiwon teater dan Stand Up Indo Bojonegoro tidak hanya menawarkan suasana komedi, Kelas Unggulan juga akan dihiasi dengan haru, ironi, dan romantis.

Baca juga: Edan Pesta Miras Saat Ramadhan! Kematian Bergiliran Setelah Mabuk-mabukan di Bojonegoro

Dalam pertunjukan Kelas Unggulan ini disutradai oleh Dicky Munyok, sedangkan Bagus core, Imam plankton, Lutfi, Justice, Ayu Munir, Firda, Mamat Bayhaqi, Arieska dan penonton yang hadir akan berperan sebagai siswa.

Pertunjukan Kelas Unggulan yang menggabungkan teater dan stand-up comedy akan digelar pada Sabtu, 24 Agustus 2024, pukul 19:00 WIB.

"Karena pentas ini bersifat eksperimental maka alamat di bagikan setelah melakukan reservasi. Lokasinya yang jelas di Kota Bojonegoro," kata sutradara, Dicky Munyok dalam rilisnya, Selasa (20/8/2024).

Baca juga: Arak-arakan dan Teaterikal Tupping Lampung Iringi Pendaftaran BCAD PKS Lampung

Untuk menikmati pengalaman interaktif ini, penonton diminta untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, serta mempersiapkan perlengkapan sekolah seperti seragam SMA, buku, dan alat tulis.

Kapasitas penonton dibatasi untuk menciptakan suasana yang mirip dengan kelas pada umumnya. **


Berita Terkini