Peringati Kemerdekaan, BNPP Gelar Upacara HUT Ke-79 RI di Kawasan Perbatasan Negara

Jumat, 16 Agustus 2024 15:37
Meningkatkan rasa persatuan, kesatuan, dan kepedulian terhadap perbatasan sebagai bagian integral dari negara. Ist

HELOINDONESIA.COM - Guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bakal menggelar upacara bendera di kawasan perbatasan negara pada Sabtu (17/8/2024) mendatang. Upacara bertajuk “Nusantara Baru Indonesia Maju” tersebut bakal dipimpin oleh sejumlah pejabat dan pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan BNPP serta sejumlah kementerian/lembaga terkait.

Para pimpinan tersebut di antaranya Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Togap Simangunsong, Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Restuardy Daud, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sugeng Hariyono, serta Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Yusharto Huntoyungo.

Pimpinan lainnya yakni Pelaksana Tugas (Plt.) Staf Ahli Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Rochayati Basra, Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga, serta Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Suhajar Diantoro.

Baca juga: bank bjb Tumbuhkan Budaya Menabung Melalui Program KEJAR

Kemudian ada pula Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Sekretariat Kabinet (Setkab) Purnomo Sucipto, Deputi IV Kemenko Polhukam Rudy Syamsir, dan Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP/Plh. Sekretaris BNPP Robert Simbolon. Pejabat lainnya yakni Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Makhruzi Rahman, dan Kelompok Ahli (Pokli) BNPP Ali H. Bogra.

Dalam keterangannya, Plh. Sekretaris BNPP Robert Simbolon menjelaskan, para pimpinan itu bakal menjadi inspektur upacara (Irup) di 13 lokasi PLBN dari 15 PLBN yang tersebar di kawasan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pelaksanaan kegiatan itu, kata dia, bakal dirangkaikan dengan Gelar Pangan Murah (GPM) di kawasan PLBN yang bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan pemerintah daerah (Pemda) setempat.

“Pelaksanaan peringatan HUT ke-79 RI ini terdapat dua PLBN yang belum dipilih sebagai lokasi pelaksanaan upacara, karena kedua PLBN tersebut masih dalam tahap awal pengoperasian,” ujar Robert dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Baca juga: KJRI Johor Bahru Fasilitasi Pemulangan 41 WNI ke Indonesia

Kedua PLBN tersebut yakni PLBN Labang di Kabupaten Nunukan dan PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau. Kedua PLBN tersebut berada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Robert mengimbuhkan, pelaksanaan upacara di 13 PLBN ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam merealisasikan semangat “Membangun dari Pinggiran” sebagaimana program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di 13 PLBN ini juga merupakan simbol dan sarana untuk meningkatkan rasa persatuan, kesatuan, dan kepedulian terhadap perbatasan sebagai bagian integral dari negara,” pungkas Robert.


Berita Terkini