Polrestro Tangerang Kota Siapkan 9.084 Personel untuk PAM Pilkada Serentak 2024

Rabu, 14 Agustus 2024 17:12
Apel Gelar Pasukan Operasi Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Jaya 2024. Ist

HELOINDONESIA.COM - Menjelang Pilkada serentak 2024, Polres Metro Tangerang Kota mengerahkan 9.084 personel untuk memastikan keamanan selama proses pemilihan. Personel ini terdiri dari 1.471 anggota Polri, 314 personel TNI, 100 anggota Satpol PP, 75 personel Dishub, 7.074 anggota Linmas, dan 50 petugas dari Dinas Kesehatan.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, menyampaikan informasi tersebut kepada media setelah memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Jaya 2024 di Lapangan Gedung Presisi, Polres Metro Tangerang Kota. Apel tersebut melibatkan 325 personel gabungan.

Kombes Pol. Zain menjelaskan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir dari personel, sarana prasarana, dan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait. Pengamanan Pilkada di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota akan difokuskan pada tiga pemilihan, yaitu Pemilihan Wakil Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, serta Bupati dan Wakil Bupati Tangerang.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia Raih Prestasi Membanggakan pada International Mathematics Competition (IMC) 2024 di Bulgaria


"Nantinya, personel kami akan melaksanakan pengamanan setiap tahapan Pilkada, termasuk pengamanan saat pemungutan suara di 2.686 TPS yang tersebar di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota," ujar Zain.

Zain juga mengungkapkan bahwa dari 2.686 TPS, terdapat 22 TPS yang dikategorikan rawan, sementara sisanya dianggap kurang rawan, dan tidak ada TPS yang sangat rawan. Selain itu, terdapat 15 TPS khusus, seperti di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Sakit.

"Untuk mengantisipasi kerawanan, kami melakukan pemetaan dan deteksi dini. Kami juga mengadakan upaya-upaya cooling system untuk meredam situasi, seperti melawan hoaks dan berita-berita yang tidak sesuai dengan fakta. Selain itu, kami akan menggelar deklarasi damai untuk pasangan calon dan pendukung partai politik, serta kemarin kami bersama-sama menandatangani Pakta Integritas ASN di Pemkot Tangerang," jelas Zain.

Baca juga: Viral ! Suami di Cimahi Kunci Istri yang Sudah Meninggal Dalam Kamar, Ketahuan Setelah 7 Hari Karena Bau Busuk Menyengat


Lebih lanjut, Polres Metro Tangerang Kota juga akan melakukan Patroli Cipta Kondisi, Operasi Sikat, Operasi Patuh, dan operasi-operasi lainnya, serta meningkatkan kegiatan rutin untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Saya berharap para pendukung dan simpatisan calon dapat menahan diri dan melakukan kampanye dengan cara yang benar. Jangan sampai melakukan tindakan yang justru menimbulkan potensi konflik fisik dan hormati jadwal kampanye yang telah ditetapkan oleh KPU. Saya juga meminta para pasangan calon untuk dapat merangkul dan meredakan situasi, sehingga tercipta pemilu yang aman, damai, jujur, dan adil," pungkas Zain.

Berita Terkini