SBY Tak Hadiri Undangan Upacara Tujuhbelasan di IKN, Tetapi Pilih Menghadiri Upacara HUT RI ke-79 di Pacitan

Selasa, 13 Agustus 2024 10:21
Rencana lokasi upacara bendera HUT RI ke-79 yang diikuti mantan Presiden SBY di halaman pendapa Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. pemkab pacitan

HELOINDONESIA.COM - Undangan Kementerian Sekretariat Negara kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menghadiri upacara kenegaraan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) terpaksa tak bisa dihadiri.

Presiden RI keenam ini memilih menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-79 di kampung halamannya di Pacitan Jawa Timur.

Kabar kepastian tidak hadirnya presiden kelahiran Pacitan ini diperoleh dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Senin (12/8/2024).

Menurut Agus yang juga putra SBY jika ayahnya sudah ada kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, jika upacaranya dilakukan di Pacitan.

Baca juga: Jelang HUT RI ke-79, Kemendagri Imbau Kepala Daerah Jaga Distribusi Barang.

"Beliau sudah ada, apa namanya kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga. Upacaranya di Pacitan di kampung halaman," kata Agus kepada antara.

Sementara terkait upacara di Pacitan Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji beberapa waktu lalu mengungkapkan jika mantan Presiden SBY dijadwalkan akan mengukuti rangkaian upacara di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan.

Menurut Indrata jika tidak aral beliau akan mengikuti rangkaian upacara memperingati HUT RI ke-79 dan detik-detik pembacaan proklamasi di pendapa kabupaten.

Baca juga: Sambut HUT RI ke-79 Meriahkan dengan Pawai, Benyamin: Warga Tangsel Kompak

Menurutnya SBY akan hadir di Pacitan bersama teman-teman satu angkatan saat mengikuti pendidikan di Akademi Militer Malang.

Sebelumnya Kemensetneg mengundang para mantan presiden untuk menghadiri upacara di IKN, begitu juga dengan mantan wakil presiden juga diundang.

Baca juga: Tiba di Kaltim, Menteri AHY Akan Ikuti Sidang Kabinet Paripurna Pertama Bersama Presiden di IKN

Selain SBY, Presiden kelima, Megawati Soekarnoputri juga diundang dalam upacara kenegaraan di IKN.

"Rencana hari ini, untuk para mantan, baik mantan presiden maupun wakil presiden akan segera dikirim undangannya,” kata Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024. **

Berita Terkini