Awali Rangkaian Peringatan HUT ke-79 RI, Presiden Jokowi Hadiri Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana Merdeka

Jumat, 2 Agustus 2024 15:58
Acara zikir kebangsaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Ist

HELOINDONESIA.COM - Kepala Negara mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersyukur kepada Allah SWT atas segala perlindungan dan anugerah kepada bangsa Indonesia.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri acara zikir dan doa kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 1 Agustus 2024. Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Negara mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersyukur kepada Allah SWT atas segala perlindungan dan anugerah kepada bangsa Indonesia.

Baca juga: Ditjen Vokasi-LPDP Hasilkan 27 Policy Paper Kebijakan Pengembangan Ekonomi Berbasis Potensi Daerah

Melalui anugerah tersebut, Indonesia berhasil bertahan dari segala krisis dan tantangan global.

“Kita mampu terus bertahan, mampu terus bertumbuh walau dunia tengah dilanda berbagai krisis, ketidakpastian global, ketidakpastian geopoitik, perubahan iklim,” ujar Presiden.

Presiden juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kerja sama dalam menghadapi tantangan yang akan datang. Presiden menyebut bahwa tantangan ke depan akan semakin sulit.

Baca juga: Dua Koridor Potensial MRT Tangsel: Pilihan Antara Pondok Cabe, Ciputat, dan Bintaro

“Kita harus selalu bersatu padu, setuju? Harus saling menguatkan, setuju? Harus saling membantu, setuju? Saling tolong menolong dan saling mendoakan untuk keselamatan kita semuanya sebagai sebuah bangsa dan untuk kemajuan Indonesia yang kita cintai ini,” ucap Presiden.

Acara zikir kebangsaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Qadarasmadi Rasyid dengan sari tilawah oleh Rani Indira. Zikir kebangsaan kemudian dipimpin oleh K.H. Muhyiddin Tohir, yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang, Sulawesi Selatan.

Acara ditutup dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang memimpin doa kebangsaan didampingi oleh lima tokoh lintas agama.

Baca juga: Transisi DPS, KPU Kota Tangsel Masuk ke Tahapan Penyusunan DPHP Pemilihan Kepala Daerah 2024

Adapun tokoh lintas agama yang hadir antara lain, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) Pdt. Ronny Mandang, Bimas Katolik RD. Agustinus Heri Wibowo, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia I Nyoman Warta, Dewan Penasehat Sangha Theravada Indonesia Bhikkhu Dhammasubho Maha Thera, dan Majelis Tinggi Agama Konghuchu Indonesia (MATAKIN) WS Sunarta Hidayat.

Turut hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, para anggota Organisasi Aksi dan Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, para tokoh lintas agama, para ulama, hingga para santri dari Majelis Zikir Hubbul Wathon.


Berita Terkini