PWI Pusat Luncurkan Anugerah Adinegoro 2024 untuk Apresiasi Jurnalisme Berkualitas

Kamis, 1 Agustus 2024 15:26
Penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi karya jurnalistik terbaik dan menjaga standar jurnalisme berkualitas di tanah air. Ist

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch Bangun, mengumumkan peluncuran Anugerah Adinegoro 2024, penghargaan tertinggi di bidang jurnalisme di Indonesia. Penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi karya jurnalistik terbaik dan menjaga standar jurnalisme berkualitas di tanah air.

"Anugerah Adinegoro adalah upaya kami untuk menjaga dan mempromosikan kualitas jurnalisme di Indonesia, khususnya di media cetak yang kini kalah bersaing dengan media sosial dan online," ujar Hendry Ch Bangun dalam rapat persiapan di kantor PWI Pusat, Senin (29/7). Acara peluncuran dijadwalkan berlangsung di Hall Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Kamis (1/8).

Di tengah gempuran media digital, banyak media cetak berjuang untuk bertahan. "Wartawan yang setia di media cetak layak mendapat apresiasi, dan Anugerah Adinegoro adalah panggung untuk mereka," tambah Hendry.

Baca juga: Kemendagri Dorong Peningkatan Kualitas Pengelolaan Layanan Pengaduan Pemda

Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Artini Suparmo, menjelaskan bahwa Anugerah Adinegoro 2024 akan diselenggarakan terpisah dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) untuk lebih memfokuskan pada semangat Adinegoro. "Kami ingin menghidupkan kembali semangat Adinegoro di kalangan wartawan muda dan masyarakat luas," ujarnya.

Penghargaan ini terbuka untuk semua wartawan di Indonesia yang telah menerbitkan karya jurnalistik mereka di media cetak, online, video, audio, dan foto pada periode 1 Januari 2024 hingga 31 Desember 2024. Selain lima kategori utama tersebut, juga akan ada dua penghargaan khusus untuk pers kampus dan media sosial.

Artini Suparmo menekankan bahwa karya yang diikutsertakan harus memenuhi kriteria "Investigasi, Kolaborasi, dan Inovasi," yang berfokus pada jurnalistik investigatif yang inovatif dan kolaboratif.

Baca juga: Pemkot Tangsel Mulai Fungsikan Gedung Layanan Informasi bagi Jurnalis

Hendry Ch Bangun juga menyoroti pentingnya kehadiran media cetak di era digital ini. "Di India, media cetak masih berkembang dengan baik. Ini menunjukkan bahwa media cetak tetap relevan dan penting," katanya.

Anugerah Adinegoro 2024 akan memperlombakan lima kriteria karya jurnalistik utama, yakni:

1. Karya jurnalistik media cetak
2. Karya jurnalistik online
3. Karya jurnalistik video
4. Karya jurnalistik audio
5. Karya jurnalistik foto

Baca juga: BSKDN Kemendagri Ingatkan Pemkab OKU Timur Tingkatkan Inovasi pada Sejumlah Aspek

Anugerah Adinegoro 2024 merupakan bukti komitmen PWI dalam menjaga standar jurnalisme yang tinggi dan memberikan apresiasi kepada para jurnalis yang berdedikasi.

Berita Terkini