Mau Tahu Siapa Calon Wali Kota Tangsel dan Cagub Banten 2024 Peraih Suara Tertinggi Hasil Survei Tahap II PERWATAS, Simak!

Selasa, 23 Juli 2024 11:31
Survey PERWATAS Tahap II. Ist

HELOINDONESIA.COM - Hasil survei Pemilihan Wali kota Tangerang Selatan (Pilwalkot Tangsel) tahap II yang digelar Perhimpunan Wartawan Tangsel (PERWATAS) menunjukkan elektabilitas calon petahana semakin dekat dikejar pesaing-pesaingnya. Elektabilitas petahana (Benyamin Davnie) terpaut sangat tipis dengan mantan istri wali kota Tangsel tersebut: Hj. Lista Hurustiati (Bunda Lista).

Benyamin dan Bunda Lista hanya beda 01,58 persen. Dibanding survei tahap I, elektabilitas Benyamin menurun tipis sekitar 1,7 persen.

Sedangkan, elektabilitas Bunda Lista, saat ini, naik sekitar 3 persen dibanding pada survei tahap I. Untuk nama-nama lain seperti Ariza Patria dan Marshel Widianto tampaknya harus ekstra kerja keras untuk mengejar ketertinggalan dari calon papan atas.

Demikian beberapa kesimpulan dari rilis hasil survei tahap II Pilwalkot Tangsel yang digelar PERWATAS pada 09 Juli 2024 sampai dengan 16 Juli 2024. Dalam rilis yang dikeluarkan PERWATAS, Selasa, 23 Juli 2024, masing-masing nama bakal calon wali kota Tangsel pada survei tahap II mengalami penurunan dan kenaikan.

"Calon petahana (Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan) misalnya, pada suvei tahap II ini mengalami penurunan elektabiltas dibandingkan survei tahap I. Pilar turun sekitar 6 persen. Benyamin mengalami penurunan 1,7 persen," ujar Ketua PERWATAS, Agus Supriyanto.

Baca juga: BSKDN Kemendagri Tekankan Pentingnya Kualitas Rekomendasi Kebijakan untuk Sukseskan Program Nasional

Balon Lain Alami Kenaikan

Berbeda dengan calon petahana, bakal calon (balon) lainnya justru mengalami kenaikan. Elektabliltas balon wali kota Tangsel dalam survei tahap II seperti Bunda Lista, Ariza Patria, Marshel naik cukup lumayan.

"Bunda Lista bisa jadi ancaman calon petahana karena elektabilitasnya naik terus. Bahkan, elektabilitas Bunda Lista terpaut sangat-sangat tipis dengan Benyamin sekitar 01,58 persen," ungkap Agus.

Posisi calon petahana, menurutnya, masih sangat belum aman karena balon Bunda Lista, sampai saat ini, belum mendeklarasikan diri. "Bahkan, belum memasang alat peraga, baliho, spanduk dan lainnya. Sedangkan, petahana sudah 2 periode (jadi wakil wali kota Tangsel) dan 1 periode (jadi wali kota Tangsel)," paparnya.

Dijelaskannya, sangat tidak menutup kemungkinan, elektabilitas Bunda Lista akan dapat melewati petahana jika trennya positif secara konsisten. "Masih ada waktu beberapa bulan. Segala kemungkinan masih bisa terjadi," cetusnya.

Ariza Patria dan Marshell harus Ekstra Keras

Sementara itu, elektabilitas Ariza Patria dan Marshel Widianto masih berada di papan tengah. "Ariza Patria dan Marshel harus ekstra kerja keras untuk mendongkrak elektabilitasnya. Karena, interval dengan calon petahana cukup jauh," ucapnya.

Baca juga: ASDP Menjadi BUMN Logistik Penyumbang Dividen Tahun Buku 2023

Meski mengalami kenaikan dibanding survei tahap I, elektabilitas Ariza Patria dan Marhsel masih berada di papan tengah. "Ariza ada di kisaran 6 persen dan Marshel 4,5 persen. Elektabilitas keduanya terdongkrak karena deklarasi dukungan partai-partai terhadap keduanya," tandas Agus.

Survei Tahap II ini diikuti 2.000 responden atau masyarakat yang mengirimkan pilihannya. Mereka warga Tangerang Selatan yang sudah memiliki hak pilih mengirimkan jawaban atas pertanyaan berikut.

"Jika Pilkada Tangsel 2024 digelar hari ini, siapa calon wali kota yang Anda pilih?". Jawaban dikirim oleh masyarakat ke nomor WA 0811-1620-804 dengan menyertakan nama dan kecamatan tempat tinggal.

Hasil Survei PERWATAS Tahap II

Berikut adalah Hasil Sementara Survei PERWATAS Tahap II Calon Wali Kota Tangsel pada Pilkada 2024. Urutan nama berdasarkan perolehan suara tertinggi.

1. Benyamin Davnie 24,78%
2. Lista Hurustiati 23,22%
3. Pilar Saga Ichsan 09,32%
4. Deddy Corbuzier 09,02%
5. Ahmad Riza Patria 06,42%
6. Marshel Widianto 04,52%
7. Muhammad 03,69%
8. Mustopa 02,52%
9. Julham Firdaus 01,34%
10. Belum Dapat Menentukan Pilihan 15,17 %

Survei Tahap III Berupa Simulasi Pasangan

Survei Tahap III akan digelar dengan membuat simulasi pasangan calon. "Untuk survei tahap III, kita akan lakukan dengan membuat simulasi pasangan calon. Insya Allah dimulai 24 Juli 2024 sampai 31 Juli 2024 dengan metode yang sama," pungkasnya.

Baca juga: Benyamin Targetkan Partisipasi Pemilih Meningkat dan Tangkal Berita Hoaks di Pilkada 2024

Pilgub Banten 2024

Hasil survei calon gubernur Banten tahap II yang digelar Perhimpunan Wartawan Tangsel (PERWATAS) menununjukkan, elektabilitas Airin Rachmi Diany turun meski posisinya tetap di puncak. Sedangkan, Andra Soni dan Dimyati elektabilitasnya naik.

Sama dengan Airin, dalam survei tahap II yang digelar pada 09 Juli 2024 sampai dengan 16 Juli 2024 ini, elektabilitas Rano Karno, Wahidin Halim dan lainnya juga mengalami penurunan. Demikian beberapa kesimpulan hasil survei tahap II yang digelar PERWATAS.

Dalam rilis yang dikirim PERWATAS ke awak media, Selasa, 24 Juli 2024, elektabilitas Airin turun tipis dibanding survei tahap I. "Pada survei tahap I, elektabilitas Airin 22,46%. Di tahap II ini turun 1,14% menjadi 21,32 %," ucap Ketua PERWATAS, Agus Supriyanto.

Turunnya elektabilitas mantan wali kota Tangsel ini, kata dia, diduga akibat beberapa faktor di antaranya respon negatif publik terhadap wacana duet Airin-Ade Sumardi yang menggema. "Publik justru merespon positif wacana duet Airin-Rano di Pilgub Banten daripada Airin-Ade Sumardi. Alasan mereka, Airin dan Rano sama-sama punya elektabilitas tinggi," terang Agus.

Andra Soni dan Dimyati Naik

Sementara itu, elektabilitas Andra Soni naik perlahan-lahan. "Pada survei tahap I, Andra Soni ada di angka 18,24 %. Di survei tahap II ini naik tipis 0,61 % menjadi 18,85 %," imbuhnya.

Pun dengan Dimyati mengalami kenaikan. "Bedanya dengan Andra Soni, kenaikan Dimyati jauh lebih tinggi. Pada tahap I, Dimyati berada di angka 08,50%, naik 02,32% di survei tahap II ini menjad 10,82%," jelasnya.

Baca juga: Kunjungi Mahkamah Agung, Menteri AHY Harapkan Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan di Back Up Penuh

Kenaikan keduanya, cetus Agus, diduga karena respon positif publik dan dukungan partai-partai politik terhadap duet Andra Soni-Dimyati. "Deklarasi duet Andra Soni-Dimyati sudah dilakukan dan publik merespon positif. Termasuk, satu per satu parpol-parpol merapat ke Koalisi Banten Maju," ungkapnya.

Survei ini diikuti 2.400 responden atau masyarakat Banten yang mempunyai hak pilih pada Pilgub 2024. Mereka (warga Banten) mengirimkan jawaban atas pertanyaan berikut.

"Jika Pilgub Banten 2024 digelar hari ini, siapa calon gubernur yang Anda pilih?". Jawaban dikirim oleh masyarakat ke nomor WA 0811-1620-804 dengan menyertakan nama, kecamatan dan kota tempat tinggal.

Hasil Survei Tahap II Pilgub Banten 2024

Inilah hasil sementara survei tahap II calon gubernur Banten pada Pilgub 2024. Nama diurutkan sesuai perolehan suara tertinggi hasil survei.

1. Airin Rachmi Diany 21,32 %
2. Rano Karno 19,24%
3. Wahidin Halim 19,01%
4. Andra Soni 18,85%
5. Dimyati Natakusumah 10,82%
6. Arief R. Wismansyah 05,50%
7. Iti Octavia Jayabaya 03,38%
8. Ade Sumardi 01,88%

Simulasi Paslon pada Survei Tahap III Pilgub Banten 2024

Survei tahap III Pilgub Banten 2024 akan digelar PERWATAS dengan membuat simulasi pasangan calon (paslon). "Untuk survei tahap III, kita akan lakukan dengan membuat simulasi pasangan calon gubernur Banten. Insya Allah dimulai 24 Juli 2024 sampai 31 Juli 2024 dengan metode yang sama," tandasnya.

Berita Terkini