Kajati Banten jadi Inspektur Upacara di Hari Bhakti Adhyaksa ke-64

Senin, 22 Juli 2024 17:01
Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024. Ist

HELOINDONESIA.COM - Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Dr. Siswanto SH.MH bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024, yang bertempat di lapangan upacara Kejaksaan Tinggi Banten, Senin 22 Juli 2024.

Upacara diikuti oleh Para Asisten, Kepala Kejaksaan Negeri Serang, Para Koordinator dan Kabag TU Kejaksaan Tinggi Banten, Para Jaksa Fungsional serta turut dihadiri Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Banten Ny.Winda Siswanto, Para Pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Banten, seluruh Pegawai di Kejaksaan Tinggi Banten dan Kejaksaan Negeri Serang.
Dalam kesempatan ini Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Dr. Siswanto SH.MH menyampaikan sambutan Jaksa Agung Republik Indonesia, Tahun ini merupakan tahun transisi peringatan HBA, dimana pada hari ini kita melaksanakan upacara yang diikuti dengan semarak rangkaian perayaannya, dan nantinya kita juga akan melaksanakan upacara peringatan hari lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September.

Tema HBA kali ini adalah, “Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”. Tema ini, merupakan kristalisasi dari Visi Pemerintah guna mewujudkan Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, Indonesia harus mampu bermetamorfosis menjadi Indonesia maju yang memiliki kualitas manusia yang unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan merata, serta ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang kuat dan berwibawa.

Baca juga: Siswa Sambut Gembira Duduk di Bangku SMA


“Untuk membangun fondasi tersebut, maka Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang memiliki kedudukan strategis harus menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya baik di bidang Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, dan Intelijen serta kewenangan lainnya secara profesional, proporsional dan tuntas” ungkapnya. 

Jaksa Agung RI menyampaikan Perintah Harian untuk dihayati dan dilaksanakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Kejaksaan, sebagai berikut : 

1. Bangun Budaya Kerja Yang Terencana, Prosedural, Terukur, Dan Akuntabel Dengan Terwujudnya Kepatuhan Internal Dan Mitigasi Risiko Untuk Mencapai Tujuan Organisasi. 

2. Gunakan Hati Nurani Dan Akal Sehat Sebagai Landasan Di Dalam Melaksanakan Tugas Dan Kewenangan. 

3. Wujudkan Soliditas Melalui Kesamaan Pola Pikir, Pola Sikap, Dan Pola Tindak Guna Mengaktualisasikan Prinsip Een En Ondelbaar. 

4. Benahi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Tugas Secara Efektif Dan Efisien.

5. Jadikan Pembinaan, Pengawasan, Dan Badan Pendidikan Dan Pelatihan Kejaksaan Sebagai Trisula Penggerak Perubahan Sekaligus Penjamin Mutu Pelaksanaan Tugas Secara Profesional Dan Terukur.

6. Laksanakan Penegakan Hukum Yang Berorientasi Pada Kesejahteraan Masyarakat. 

7. Persiapkan Arah Kebijakan Institusi Kejaksaan Dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.

Baca juga: Harga Terjangkau Tujuh HP 1 Jutaan 

Dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64, Kejaksaan Tinggi Banten telah menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya Focus Group Discussion dengan tema “Dharma Bakti Insan Adhyaksa Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia” yang diselenggarakan secara virtual, Bakti Sosial, Donor Darah, Anjangsana, kegiatan Pasar Murah serta Ziarah Tabur Bunga, dan ditutup dengan syukuran yang diisi dengan tausiah Ustad Solmed.



Berita Terkini