HKG PKK ke-52 Tingkat Tangsel, Benyamin Dorong Kader Miliki Nilai Manfaat di Masyarakat

Sabtu, 20 Juli 2024 06:26
Diharapkan kader PKK Tangerang Selatan dapat terus bergerak bersama, berinovasi, dan memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju. Ist

HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengajak seluruh kader PKK Tangsel untuk bangkit dan menjadi individu yang memiliki nilai tinggi, bermanfaat bagi masyarakat, diri sendiri dan keluarga.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengucapkan selamat atas peringatan Kesatuan Gerak PKK yang ke-52. Saya ingin sebagai kader PKK, kita bangkit dan menjadi orang yang berguna serta bermanfaat,” ujar Benyamin dalam perayaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, Jumat (19/7/2024).

Dengan semangat yang menggebu-gebu, Benyamin mengajak semangat para kader PKK Tangsel untuk menjadi orang yang bernilai dengan menyampaikan analogi menarik tentang sebuah kertas.

Di depan semua tamu undangan yang hadir, Benyamin menggenggam kuat sebuah kertas kosong sampai lecek tak berbentuk. Setelah itu, ia juga melakukan hal yang sama dengan uang kertas.

Baca juga: Kemenhub Terima Apresiasi Proyek Strategis Nasional

Lantas, kertas kosong dan uang kertas itu pun dibuka kembali seperti sedia kala, sembari Benyamin bertanya kepada semua orang, mereka akan memilih yang mana dari kedua kertas itu? Seluruh tamu undangan pun kompak menjawab bahwa mereka akan memilih uang kertas.

“Maka itu, jangan kita jadi kertas yang kosong. Jadilah uang yang punya nilai. Jadi baik secara pribadi maupun lembaga yang punya nilai. Itu yang membedakan kertas kosong ini dengan kertas uang,” ujarnya.

Benyamin menegaskan, nilai yang dimaksud tidak selalu berupa angka, tetapi berupa ilmu, akhlak, perilaku, sikap, adab, dan lain sebagainya yang harus dimiliki oleh setiap insan manusia.

“Kalau angka ini kita samakan dengan ilmu, maka ilmu itu adalah nilai. Kalau angka ini kita samakan dengan akhlak, maka akhlak itu adalah nilai. Ini yang penting bagi kader PKK,” jelasnya.

Baca juga: Suhu Udara Bikin Menggigil, Ternyata Ini Penyebabnya

“Dalam ulang tahun yang ke-52 ini, jadilah apapun dan siapapun kita yang punya nilai. Sama seperti uang, walau dilecek-lecek, tetap berharga. Jangan jadi kertas kosong, kalau dirobek-robek, tidak ada harganya,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kota Tangerang Selatan, Tini Indrayanthi Benyamin, juga memberikan sambutan dengan tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”.

Tini menekankan pentingnya bergerak bersama untuk mencapai kesejahteraan keluarga, sesuai dengan visi PKK yaitu terwujudnya keluarga yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, dan sejahtera lahir batin.

“Kita harus memperkuat tiga hal, yaitu memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, mengoptimalisasikan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah, dan mencapai rencana hidup gerakan PKK tahun 2021-2024,” jelas Tini.

Baca juga: Tampilkan Keanekaragaman Budaya, Peserta PKA Angkatan IV dan Bimtek SPM PPSDM Makassar Kenakan Pakaian Adat

Tini juga menyebutkan pencapaian PKK dalam menangani berbagai isu seperti stunting, pembinaan industri rumahan, pencegahan KDRT, dan program keluarga sehat tanpa narkoba.

“InsyaAllah, dengan melibatkan tim kader PKK, program-program pemerintah dapat bersatu dan efektif,” tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan kader PKK yang aktif dalam mendukung program pemerintah di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

“Mudah-mudahan di hari persatuan gerak PKK ini, kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian isu stunting, tugas dan peran serta fungsi kader PKK untuk terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman, dan bertakwa menuju Indonesia maju,” kata dia.

Baca juga: Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia, S.H., M.H. Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

Dengan harapan dan semangat yang dibawa oleh Wali Kota Benyamin Davnie dan Ketua TP-PKK Tini Indrayanthi Benyamin, diharapkan kader PKK Tangerang Selatan dapat terus bergerak bersama, berinovasi, dan memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju.

Berita Terkini